4 Tips Menghilangkan Bau Kaki

Kompas.com - 12/09/2019, 06:06 WIB
ilustrasi merendam kaki shutterstockilustrasi merendam kaki
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika suhu naik, tubuh, termasuk kaki akan lebih sering berkeringat. Ditambah, jika kamu memakai sepatu yang lembab, maka bisa berakibat bau kaki yang dipicu keringat.

Hal ini, menurut ahli penyakit kaki, Joy Rowland, menciptakan bau yang tambah tak sedap.

"Bakteri dan jamur dan semua serangga kecil itu menyukai panas, kelembapan, dan gelap--dan bagian dalam sepatu adalah tempat yang persis seperti itu," jelasnya.

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut adalah beberapa saran dari Rowland tentang cara menghentikan bau kaki.

1. Rendam kaki

Rowland merekomendasikan untuk merendam kaki dalam campuran cuka dan air atau Epsom salt (biasa disebut garam Inggris) dan air.

Untuk merendam garam, larutkan setengah cangkir Epsom salt dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat dan rendam selama sekitar 10 hingga 20 menit. Garam Epsom menarik kelembapan dari kulit, membuat bakteri enggan untuk bertahan hidup.

Untuk merendam cuka, campurkan dua bagian air dengan satu bagian cuka dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat dan rendam selama 15 hingga 20 menit seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan cuka putih atau apel.

Cuka membuat kulit tidak ramah terhadap bakteri. Namun, kamu harus hati-hati. Jangan gunakan rendaman ini jika kaki memiliki luka terbuka, goresan. Sebab, hal tersebut bisa mengiritasi kulit.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X