7 Pengalaman Masa Kecil yang Jadi Fondasi Mental Saat Dewasa

Kompas.com - 12/09/2019, 07:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Tak berlebihan bila para ahli menyebut masa kecil seseorang berdampak besar pada kondisi emosionalnya di usia dewasa. Anak yang memiliki masa kecil positif cenderung tumbuh menjadi orang dewasa dengan mental yang sehat.

Penelitian terbaru yang dilakukan tim dari Johns Hopkins University menyebutkan, tujuh pengalaman masa kecil yang positif berdampak jangka panjang pada kesehatan mental dan hubungan.

Berikut adalah ke-7 pengalaman positif tersebut:

1. Mampu berbicara kepada keluarga tentang perasaanku
2. Merasa keluargaku berada di sampingku saat masa sulit
3. Menikmati bisa berpartisipasi dalam tradisi komunitas
4. Merasa keterlibatan di sekolah tingkat SMA
5. Merasa didukung oleh teman-teman
6. Punya dua orang dewasa selain orangtua yang punya perhatian tulus kepadaku
7. Merasa aman dan dilindungi oleh orang dewasa di rumah

Semakin banyak jumlah pengalaman tersebut dimiliki, makin positif pengalaman masa kecil kita, berdasarkan analisis psikometrik.

Baca juga: Omelan dan Bentakan Orangtua Bisa Sebabkan Anak Trauma

Total ada sekitar 6.188 pria dan wanita berusia di atas 18 tahun yang mengikuti survei tersebut. Mereka menjawab pertanyaan seputar psikologi dan pengalaman masa kecil. Mereka juga memberikan informasi tentang riwayat kesehatan mentalnya.

Kaitan antara pengalaman masa kecil dan kesehatan mental sudah banyak diteliti. Salah satunya tentang efek trauma. Anak-anak yang menjadi korban bullying, kekerasan, dan pengucilan, akan tumbuh menjadi orang dewasa yang takut menghadapi tantangan sulit.

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X