Cerita Habibie dan Kain Lurik...

Kompas.com - 12/09/2019, 09:03 WIB
Presiden ke-3 RI BJ Habibie saat memberi sambutan dalam peresmian gedung baru Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny RA Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Kota Bandung, Senin (8/8/2016). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Kontributor Bandung, Dendi RamdhaniPresiden ke-3 RI BJ Habibie saat memberi sambutan dalam peresmian gedung baru Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny RA Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Kota Bandung, Senin (8/8/2016). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI

KOMPAS.com - Berbagai kenangan tentang BJ Habibie seketika berkelebat di dalam ingatan, saat kabar duka tentang berpulangnya Presiden ke-3 RI itu terdengar pada Rabu (11/9/2019) sore, pukul 18.05 WIB.

Sosok Habibie, seorang teknokrat yang wafat pada usia 83 tahun, salah satunya dikenal lekat dengan pencapaian Bangsa Indonesia dalam membuat pesawat terbang.

Namun tak hanya itu, dalam beberapa tahun terakhir, Habibie ternyata dikenal pula dengan semangat serta perhatian terhadap kelestarian kain Nusantara, yakni lurik.

Seperti tak terduga, dalam sebuah kesempatan saat meresmikan Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny RA Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Bandung, tahun 2016 lalu, Habibie berbicara tentang kain tenun ini.

Baca juga: Lurik yang Semakin Eksis

Menurut Habibie, lurik adalah salah satu produk Indonesia yang unik dan kaya sejarah.

"Lihat, pakaian saya keren kan? Ini namanya lurik," ujar Habibie sembari menunjukan kemeja lurik berwarna cokelat keemasan yang ia kenakan.

Sejak itu, BJ Habibie lalu mengaku akan membuat kain tenun lurik lebih populer.

Semangat ini muncul karena kesedihan ketika mendapati kenyataan bahwa kain lurik sangat sulit ditemukan.

Kala itu, dia menceritakan pengalamannya saat berbincang dengan pedagang batik di Yogyakarta.

Kepada pedagang itu, Habibie sempat mencari kain lurik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X