Benarkah Rambut Beruban Tanda Penuaan?

Kompas.com - 12/09/2019, 10:34 WIB
Ilustrasi rambut beruban shutterstockIlustrasi rambut beruban
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah jika ada anggapan bahwa rambut beruban hanya berlaku bagi orang yang sudah lanjut usia saja.

Rambut beruban bisa saja muncul di usia muda. Ada banyak pemicunya, dan hal yang paling signifikan pengaruhnya adalah faktor genetik.

Tapi pertanyaan paling mendasar yang kerap terlintas di pikiran semua orang adalah bagaimana uban bisa muncul. Bahkan bisa jadi ada orang-orang yang merasa panik ketika menemukan uban yang tumbuh ketika usia mereka masih muda dan produktif.

Sama seperti warna kulit, jenis dan warna rambut setiap orang datang dari sel yang sama yaitu melanosit. Ini adalah sel penghasil melanin yang mengatur terang gelapnya warna kulit dan warna rambut manusia.

Sel melanosit pada folikel rambut juga memproduksi pigmen ketika rambut sedang bertumbuh. Pigmen demi pigmen ini tersalur ke dalam sel yang pada akhirnya membentuk batang rambut.

Dari waktu ke waktu, sel melanosit ini semakin sedikit memproduksi pigmen. Itulah saat warna rambut yang semula hitam menjadi beruban.

Baca juga: Semua Hal yang Pria Harus Tahu tentang Rambut Beruban

Rambut beruban di usia muda

Pertanyaan kedua yang juga kerap membuat banyak orang penasaran adalah mengapa rambut beruban bisa muncul ketika seseorang masih muda. Faktor genetik memegang peran penting terhadap kapan seseorang akan beruban.

Apabila orangtuamu cenderung memiliki rambut beruban di usia muda, besar kemungkinan kamu akan mengalami hal yang sama.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X