Kompas.com - 13/09/2019, 07:03 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Banyak orang beranggapan, kekurangan gizi hanya terjadi pada orang-orang di pelosok desa atau orang-orang berpenghasilan rendah.

Nyatanya, penelitian menunjukkan tidak semua orang dengan kemampuan finansial yang baik, bisa memenuhi kebutuhan makan sehat. Bahkan, kekurangan nutrisi umum terjadi di negara maju seperti Amerika.

Satu penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 di bawah Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) menunjukkan, bahwa anak-anak dan orang dewasa di negara itu memiliki kasus kekurangan vitamin yang tinggi.

Para peneliti menemukan, bahwa 31 persen dari seluruh populasi berisiko mengalami kekurangan satu jenis vitamin. Apalagi, banyak orang Amerika mengonsumsi pola makan tinggi kalori tetapi rendah nutrisi.

Baca juga: Asupan Vitamin A Bisa Turunkan Risiko Kanker Kulit

Heather Moday, seorang ahli alergi dan imunologi dari Moday Centre for Functional and Integrative Medicine, telah merawat banyak pasien yang mengalami defisiensi.

Tetapi dia mencatat, umumnya para pasien kekurangan tiga vitamin, karena pola makan tinggi kalori. Ketiganya adalah:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Magnesium

Magnesium memainkan peran penting dalam tubuh untuk mendukung 300 reaksi biokimia. Moday merekomendasikan untk berkonsultasi pada dokter, untuk mengetahui apakah tubuhmu perlu asupan suplemen Magnesium atau tidak.

“Ini adalah elektrolit yang tidak otomatis ada di dalam tubuh dan tak banyak makanan yang mengandung Magnesium. Sehingga, aku menyarankan untuk mendapatkannya melalui suplemen,” kata Moday.

Baca juga: Ternyata, Vitamin D Bisa Membuat Umur Lebih Panjang

2. Vitamin B

Moday mengatakan, banyak pasiennya kekurangan vitamin B. Ini agak mengejutkan, karena sebenarnya semua bentuk vitamin B bisa didapatkan dari sumber makanan nabati dan hewani.

Dia menjelaskan, bahwa tubuh mudah kehilangan vitamin karena mendukung banyak fungsi, termasuk sistem saraf, sistem detoksifikasi, dan sistem kekebalan tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.