Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2019, 08:39 WIB

KOMPAS.com - Bukannya segar, seringkali kita keluar dari kamar mandi dengan berkeringat. Hal ini ternyata merupakan hal yang terjadi karena kondisi tertentu.

Menurut dermatolog dari Cleveland Clinic, Shilpi Khetarpal, MD, fenomena itu biasanya terjadi setelah kita mandi air hangat.

Air hangat yang tersisa di kulit dan rambut terus menghangatkan tubuh kita bahkan setelah selesai mandi.

"Uap dari air panas dikombinasikan dengan temperatur yang juga lebih hangat meningkatkan kelembapan dan suhu di kamar mandi. Ini membuat suhu tubuh kita meningkat sehingga kita berkeringat," jelasnya.

Namun, terus menerus mengeringkan kulit dengan handuk juga akan menimbulkan masalah kulit yang lebih parah. Gosokan handuk pada kulit bisa mengakibatkan gesekan yang juga akan menimbulkan panas.

Selain itu, jika pakaian dan handuk yang digunakan memiliki suhu hangat, bahan-bahan tersebut bisa membuat suhu tubuh semakin hangat dan keringat lebih banyak.

Masih ada lagi kemungkinan lain yang membuat tubuh berkeringat setelah mandi, misalnya sedang demam atau baru selesai olahraga. Sebab, dua kondisi tersebut menyebabkan peningkatan suhu basal tubuh.

Baca juga: Bukan Setelah Mandi, Deodoran Paling Efektif Digunakan Malam Hari

Lalu, bagaimana cara mencegah atau setidaknya mengurangi keringat yang bercucuran setelah mandi?

Khetarpal memberikan beberapa saran, di antaranya:

1. Tunggu selama 20 hingga 30 menit setelah berolahraga sebelum mandi. "Ini akan membantu tubuh menurunkan suhunya dan menurunkan jumlah keringat," katanya.

2. Ketika mandi, cobalah mematikan air panas dan menurunkan suhunya sebelum keluar dari kamar mandi. Turunkan suhu secara perlahan sambil mendinginkan suhu tubuh. Menurut Khetarpal, masa peralihan tersebut cukup dilakukan selama 10 detik hingga tubuh bisa beradaptasi dengan suhu yang baru.

3. Keramaslah dengan air yang lebih dingin. Dengan cara ini, tidak ada air panas yang bertahan di kulit kepala dan rambut yang akan menghangatkan kepala.

4. Buatlah kamar mandi memiliki ventilasi udara sebaik mungkin. Lalu setelah selesai mandi, keluarlah dari lingkungan lembap tersebut secepat mungkin. Jika suhu tubuh masih panas, rendam handuk kecil di dalam air dingin, peras dan tekan lembut pada wajah dan kulit kepala. Cara ini dianggap bisa membantu untuk mendinginkan tubuh.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber POP SUGAR

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.