Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2019, 08:39 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Bukannya segar, seringkali kita keluar dari kamar mandi dengan berkeringat. Hal ini ternyata merupakan hal yang terjadi karena kondisi tertentu.

Menurut dermatolog dari Cleveland Clinic, Shilpi Khetarpal, MD, fenomena itu biasanya terjadi setelah kita mandi air hangat.

Air hangat yang tersisa di kulit dan rambut terus menghangatkan tubuh kita bahkan setelah selesai mandi.

"Uap dari air panas dikombinasikan dengan temperatur yang juga lebih hangat meningkatkan kelembapan dan suhu di kamar mandi. Ini membuat suhu tubuh kita meningkat sehingga kita berkeringat," jelasnya.

Namun, terus menerus mengeringkan kulit dengan handuk juga akan menimbulkan masalah kulit yang lebih parah. Gosokan handuk pada kulit bisa mengakibatkan gesekan yang juga akan menimbulkan panas.

Selain itu, jika pakaian dan handuk yang digunakan memiliki suhu hangat, bahan-bahan tersebut bisa membuat suhu tubuh semakin hangat dan keringat lebih banyak.

Masih ada lagi kemungkinan lain yang membuat tubuh berkeringat setelah mandi, misalnya sedang demam atau baru selesai olahraga. Sebab, dua kondisi tersebut menyebabkan peningkatan suhu basal tubuh.

Baca juga: Bukan Setelah Mandi, Deodoran Paling Efektif Digunakan Malam Hari

Lalu, bagaimana cara mencegah atau setidaknya mengurangi keringat yang bercucuran setelah mandi?

Khetarpal memberikan beberapa saran, di antaranya:

1. Tunggu selama 20 hingga 30 menit setelah berolahraga sebelum mandi. "Ini akan membantu tubuh menurunkan suhunya dan menurunkan jumlah keringat," katanya.

2. Ketika mandi, cobalah mematikan air panas dan menurunkan suhunya sebelum keluar dari kamar mandi. Turunkan suhu secara perlahan sambil mendinginkan suhu tubuh. Menurut Khetarpal, masa peralihan tersebut cukup dilakukan selama 10 detik hingga tubuh bisa beradaptasi dengan suhu yang baru.

3. Keramaslah dengan air yang lebih dingin. Dengan cara ini, tidak ada air panas yang bertahan di kulit kepala dan rambut yang akan menghangatkan kepala.

4. Buatlah kamar mandi memiliki ventilasi udara sebaik mungkin. Lalu setelah selesai mandi, keluarlah dari lingkungan lembap tersebut secepat mungkin. Jika suhu tubuh masih panas, rendam handuk kecil di dalam air dingin, peras dan tekan lembut pada wajah dan kulit kepala. Cara ini dianggap bisa membantu untuk mendinginkan tubuh.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com