Tips Tampil Lebih Unggul Dibanding Kandidat Pencari Kerja Lain

Kompas.com - 16/09/2019, 12:01 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

KOMPAS.com - Sejumlah peluang menanti para profesional muda yang ingin mengukir prestasi di dunia korporat. Namun, untuk mencapainya, kamu harus menonjol dan membedakan diri dari para kandidat lain yang juga sangat menginginkan peluang tersebut.

Bagaimana cara membedakan diri dari kandidat lainnya?

Dengan berhati-hati dalam merencanakan pencarian kerja dan mengambil langkah proaktif selama proses pencarian, kamu bisa selangkah di depan dan akhirnya mendapatkan pekerjaan yang diincar.

Situs pencari kerja JobStreet.com berbagi panduan dan lima langkah untuk membantu kamu sukses dalam mencari pekerjaan.

1. Tentukan keterampilan dan minat dengan jelas

Umumnya, para pencari kerja yang belum berpengalaman akan mencari pekerjaan hanya berdasarkan pada gelar pendidikan atau pekerjaan sebelumnya.

Nyatanya, pada masa di mana fungsi pekerjaan telah didefinisikan secara luas, akan lebih baik jika mendefinisikan aset, keterampilan terbaik, serta minat terlebih dahulu sebelum mulai mencari pekerjaan.

Hanya karena kamu memiliki gelar sarjana teknologi informasi (IT), bukan berarti harus bekerja sebagai seorang system administrator atau technical support specialist.

Ada beragam pekerjaan di luar sana yang dapat dipilih, selama dapat mendefinisikan keterampilan dan minat dengan jelas.

Mulailah bertanya kepada diri sendiri, “Bidang apa yang benar-benar saya kuasai? Hal-hal apa yang paling saya sukai? Hal apa yang paling berharga bagi diri saya?”

Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada diri sendiri, kamu dapat menyingkirkan keraguan akan apa yang ingin dikerjakan dan mulai menemukan suatu arah tujuan dalam pencarian kerja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X