Selain Bikin Tubuh Sehat, Olahraga Juga Menyehatkan Otak

Kompas.com - 16/09/2019, 17:58 WIB
ilustrasi lari shutterstockilustrasi lari

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa olahraga teratur baik untuk tubuh kita. Olahraga membuat kita bugar dan sehat, bahkan membantu mencegah kenaikan berat badan, meski .

Namun, apa yang banyak orang mungkin tidak tahu adalah bahwa berolahraga juga bagus untuk bagian lain dari tubuh kita, yaitu otak.

Sebuah studi baru menemukan, bahwa ketika gerakan dibatasi - terutama di kaki - kimiawi di otak akan terpengaruh.

“Studi kami mendukung gagasan bahwa orang yang tidak dapat melakukan latihan beban - seperti pasien yang terbaring di tempat tidur, atau bahkan astronot yang bepergian jauh - tidak hanya kehilangan massa otot, tetapi kimia tubuh mereka diubah pada tingkat sel dan bahkan sistem saraf mereka terkena dampak buruk," papar Raffaella Adami dari Università degli Studi di Milano, Italia, yang melakukan penelitian ini.

Baca juga: Membangkitkan Hormon Endorfin Lewat Olahraga

Ia menemukan, bahwa ketika kita menggunakan otot-otot kaki kita, mereka mengirimkan sinyal ke otak yang memerintahkannya untuk memproduksi sel-sel saraf, yang sangat penting untuk otak dan sistem saraf yang sehat.

Jika kita tidak menggunakannya, atau dilarang menggunakannya, akan sulit untuk menghasilkan sel-sel, agar otak dan sistem saraf berfungsi normal.

Jadi, jika kamu ingin otak yang sehat, mulailah berolahraga yang banyak menggerakkan kaki.

Baca juga: Awas, Olahraga Berlebihan Justru Berisiko Sakit Jantung

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber her.ie
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X