Ahli Ungkap Setelah Makan Tak Perlu Menunggu untuk Tidur

Kompas.com - 16/09/2019, 23:37 WIB
Ilustrasi ngantuk setelah makan Digital Vision.Ilustrasi ngantuk setelah makan

KOMPAS.com - Selama ini kita selalu disarankan untuk berhenti makan dua jam sebelum tidur malam. Tapi sepertinya, ini berdampak banyak untuk kesehatan.

Sebuah studi baru dari Sekolah Pascasarjana Ilmu Kesehatan di Universitas Okayama, di Jepang telah membantah klaim tersebut dan mengatakan, bahwa itu tidak mungkin meningkatkan kadar glukosa darah Anda.

Studi yang telah diterbitkan dalam jurnal BMJ Nutrition, Prevention and Health, meneliti lebih dari 1.500 individu paruh baya yang tidak memiliki masalah kesehatan.

Para ilmuwan menilai, pola makan individu-individu selama periode dua tahun dan memerhitungkan berat badan mereka, seberapa cepat mereka makan, seberapa banyak aktivitas fisik yang mereka lakukan, dan apakah mereka merokok.

Baca juga: Benarkah Teh Chamomile Efektif Membantu Kita Tidur?

Sekelompok kecil peserta pergi tidur dalam waktu dua jam setelah makan malam.

Setelah menilai hasilnya, para peneliti menemukan, bahwa ada sedikit atau tidak ada perbedaan dalam HbA1c (kadar glukosa darah). Sebaliknya, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, dan tekanan darah berdampak lebih buruk pada kadar HbA1c.

“Bertentangan dengan kepercayaan umum, memastikan interval pendek antara makan terakhir dan waktu tidur tidak memengaruhi kadar HbA1c secara signifikan,” tulis tim peneliti.

“Perhatian yang lebih besar harus ditujukan pada porsi yang sehat dan komponen makanan, tidur yang cukup, menghindari merokok, konsumsi alkohol, dan kelebihan berat badan, karena variabel-variabel ini memiliki pengaruh yang lebih mendalam pada proses metabolisme.”

Terpenting adalah menyikat gigi sebelum tidur, sehingga sisa makanan di mulut tak menjadi sumber penyakit lain.

Baca juga: Olahraga Sebelum Tidur Malam, Apakah Baik untuk Kesehatan?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X