Bermasalah atau Tidaknya Kesehatan Mulut Berefek pada Kesehatan Otak

Kompas.com - 17/09/2019, 07:51 WIB
Ilustrasi sakit gigi ShutterstockIlustrasi sakit gigi

KOMPAS.com - Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology pada 2010 mengungkapkan, bahwa penyakit gusi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung hingga 20 persen, meskipun penelitian lebih lanjut di bidang ini masih diperlukan.

Di sisi lain, tim peneliti dari Rutgers University di New Brunswick, New Jersey, saat ini mengamati hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan otak.

Sebuah bukti, yang menghubungkan kesehatan mulut dengan penurunan fitur kognitif seperti memori dan fungsi eksekutif ditemukan dalam ulasan yang baru-baru ini diterbitkan dari 23 studi.

Para peneliti dari Rutgers University melakukan dua studi terpisah yang keduanya telah muncul dalam Journal of American Geriatrics Society.

Baca juga: Bau Mulut hingga Sembelit, Ini 6 Akibat Kebanyakan Protein

Dua studi itu melihat penurunan kognisi dan stres yang dirasakan pada orang dewasa China Amerika yang berusia paling tidak 60 tahun.

XinQi Dong, direktur Institut Kesehatan, Kebijakan Perawatan Kesehatan, dan Penelitian Penuaan Universitas Rutgers, menjelaskan bahwa kelompok ras dan etnis minoritas secara khusus rentan terhadap dampak negatif dari kesehatan mulut yang buruk.

"Minoritas kurang memiliki akses untuk pencegahan dan perawatan gigi, yang semakin diperburuk oleh hambatan bahasa dan status sosial ekonomi yang rendah," katanya.

Dong melanjutkan, bahwa orang China Amerika yang lebih tua berisiko mengalami gejala kesehatan mulut, karena kurangnya asuransi gigi atau tidak secara teratur mengunjungi klinik gigi.

Baca juga: Sering Gosok Gigi tapi Masih Bau Mulut? Mungkin Ini Penyebabnya...

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X