10 Tanda Rumah Tak Sehat untuk Ditempati

Kompas.com - 17/09/2019, 12:00 WIB
Ilustrasi ruang tamu FreshomeIlustrasi ruang tamu

KOMPAS.com - Rumah yang bersih terawat bukan cuma membuat penghuninya nyaman, tapi juga sehat. Mungkin masih banyak dari kita yang mengabaikan kebiasaan-kebiasaan kecil di rumah yang ternyata bisa menimbulkan penyakit.

Kebiasaan seperti malas mengelap debu misalnya, lama kelamaan akan menumpuk dan bisa menimbulkan gejala pada penderita asma. Masih ada banyak kebiasaan buruk lainnya yang mengancam kesehatan penghuni rumah yang sering tidak disadari. Apa saja?

1. Terlalu lembap

Rumah yang lembap adalah hal normal. Biasanya kelembapan terbawa dari aktivitas seperti mandi, memasak, bahkan bernafas. Namun, jangan biarkan tingkat kelembapan terlalu tinggi.

Jamur suka dengan lingkungan lembap. Kelembapan berlebih di rumah, biasanya banyak pada pojok ruangan atau langit-langit, bisa menyuburkan pertumbuhan jamur.

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebutkan, jamur bisa menyebabkan masalah pernafasan, iritasi tenggorokan, batuk atau bersin, iritasi mata, bahkan kulit.

Baca juga: Punya Penyakit Kulit Eksim? Ini Cara Mudah Merawatnya di Rumah

2. Tidak membersihkan ventilasi

Meski tidak terlalu kelihatan, tapi saat membersihkan rumah jangan lewatkan bagian ventilasi.  Ventilasi membawa banyak sekali debu dari udara. Ketika kamu menyalakan pemanas atau pendingin ruangan, partikel debu tersebut akan tersebar ke dalam rumah.

Lepaskan penutup ventilasi dan membersihkannya atau memanggil profesional agar pembersihannya maksimal.

.SHUTTERSTOCK .

3. Kamar mandi minim ventilasi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X