Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2019, 15:15 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Her World

KOMPAS.com - "Rumus" memertahankan berat badan ideal sebetulnya sederhana saja. Kita hanya perlu menjaga pola makan sehat, memperbanyak aktivitas fisik, dan istirahat cukup.

Namun, praktiknya tak semudah teori. Kita mungkin sudah berupaya keras menjalankannya, tapi berat badan tak kunjung turun. Beberapa orang bahkan merasa berat badannya mudah naik.

Penyebab berat badan naik ternyata bisa datang dari hal-hal tak terduga. Mulai dari sesuatu yang kita makan hingga kebiasaan pola hidup.

1. Tidur dengan lampu menyala


Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine menemukan, bahwa tidur dengan lampu atau televisi menyala bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan.

Hal ini memungkinkan karena tanpa suasana gelap, kita akan lebih sulit tidur nyenyak. Tidur nyenyak penting untuk memori dan pembelajaran keseluruhan, memperlancar aliran darah ke otot, meningkatkan sistem imun, regenerasi sel, serta memperbaiki dan menumbuhkan jaringan dan tulang.

Tanpa tidur nyenyak, kita mungkin akan merasa lebih lelah dan cenderung mengonsumsi makanan berkalori tinggi pada saat sarapan untuk menggantikan energi yang hilang. Kondisi tersebut akan meningkatkan kemungkinan kenaikan berat badan.

Baca juga: 7 Jenis Rempah Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

2. Jus buah dan smoothies

Jus buah dan smoothie bisa menyumbang banyak kalori lebih daripada yang kita duga. Sebab, kandungan gula (fruktosa) yang ada di dalamnya memicu lonjakan gula darah dan menurun sangat cepat.

Kondisi tersebut menyebabkan tingkat insulin yang fluktuatif dan membuat kita merasa membutuhkan lebih banyak gula setelahnya.

Fruktosa, yang biasa ditemukan dalam jus buah dan yogurt berasa, menstimulasi insulin dan mengatakan pada tubuh untuk mengubah kalori menjadi lemak.

Segelas jus buah juga ternyata menggunakan lebih banyak buah daripada yang biasa kita konsumsi, dengan semua gizi dan serat digerus habis. Jika ingin mendapatkan manfaat maksimal, lebih baik mengonsumsi buah secara langsung tanpa dijus.

3. Kacang-kacangan

Kacang punya citra yang cukup baik sebagai camilan sehat, karena mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, protein, antioksidan, dan serat.

Namun, dalan sehari dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kacang lebih dari segenggam atau jika dalam ukuran kacang almond, misalnya, sebanyak 20 biji.

Lemak baik tetaplah lemak dan tetap bisa berkontribusi terhadap penambahan lingkar lemak. Sehingga, kita harus benar-benar memerhatikan konsumsi kacang, sebab seringkali kita tak akan sadar betapa banyak jumlah kacang yang kita konsumsi.

Baca juga: Tambah Umur, Tambah Berat Badan

Halaman:
Sumber Her World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com