Kompas.com - 18/09/2019, 10:47 WIB
Dalam acara Festival Indonesia 2019 Jogja Kota Batik Dunia, KBRI Lisbon menginisiasi pertemuan business-to-business antara pelaku usaha Jogja dengan pengusaha Portugal yang bergerak di bisnis serupa, Senin (16/9/2019). DOKUMENTASI KBRI LISBONDalam acara Festival Indonesia 2019 Jogja Kota Batik Dunia, KBRI Lisbon menginisiasi pertemuan business-to-business antara pelaku usaha Jogja dengan pengusaha Portugal yang bergerak di bisnis serupa, Senin (16/9/2019).

KOMPAS.com - Tiga perajin batik dan perhiasan asal Yogyakarta menjajaki kerja sama kolaborasi desain dengan perusahaan Portugal yang menggunakan cork sebagai bahan utama produk mereka.

Dalam acara Festival Indonesia 2019 "Jogja Kota Batik Dunia", KBRI Lisbon menginisiasi pertemuan business-to-business antara pelaku usaha Jogja dengan pengusaha Portugal yang bergerak di bisnis serupa, Senin (16/9/2019).

Pilihan jatuh kepada Pelcor, suatu perusahaan fesyen terkemuka yang mengusung konsep ramah lingkungan namun modern.

Pelcor menggunakan cork, sebagai bahan dasar bagi produknya, seperti tas, sepatu, pakaian, dan asesoris.

Baca juga: Melihat Gadis-gadis Cantik Portugis dalam Balutan Kain Batik...

Cork adalah sejenis kulit pohon seperti gabus yang merupakan produk unggulan Portugal. Selama ini, cork umumnya dikenal sebagai penyumbat botol minuman anggur.

Sebagai salah satu perusahaan yang merupakan merek asli Portugal, Pelcor memiliki ambisi untuk memperkenalkan cork kepada dunia internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami telah memiliki koleksi dengan tema Afrika dan kami sangat antusias untuk dapat bekerja sama dengan perajin atau pengusaha Indonesia."

"Sebab, hal itu berarti turut memperkenalkan Portugal kepada khalayak Indonesia,” ujar Monica Tati, pendiri dan pemilik Pelcor.

Dengan kondisi yang sama, di mana perajin batik dan perhiasan Jogya dan Pelcor mengusung prinsip ramah lingkungan dan berkelanjutan, Duta Besar RI di Lisbon, Ibnu Wahyutomo pun mengungkapkan optimismenya.

Baca juga: Batik Motif Salak Condet Dipamerkan KBRI Oslo

Dia meyakini kombinasi batik dan cork tidak hanya akan menghasilkan karya dan produk yang indah, namun juga akan mempererat kedua negara.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.