Kompas.com - 18/09/2019, 12:12 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Area mata menjadi salah satu perhatian utama ketika kita membicarakan soal riasan wajah. Misalnya, bagaimana mengaplikasikan eyeliner dan maskara yang tepat, menutupi kantung mata, memoles eye shadow agar tampilan tampak segar, dan lainnya.

Maskara sendiri bisa menjadi trik membuat mata tampak lebih keluar ketika kita tidak sempat menggunakan bulu mata palsu. Namun, jika digunakan setiap hari, apakah ada dampak buruk dari penggunaan maskara?

Pendiri Resilient Health Institute, Keira Barr, M.D., menjelaskan, hal itu tergantung dari beberapa variabel.

Variabel tersebut melibatkan kelenjar minyak pada mata, perawatan kulit yang diterapkan, teknik aplikasi, hingga kualitas maskaranya sendiri.

Penggunaan maskara secara harian bisa membuat kelopak mata sakit dan bisa berdampak pada mata. Namun sebelumnya, kamu perlu memahami soal anatomi mata terlebih dahulu.

Ahli bedah plastik oculofacial dan profesor asisten klinik di New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, James Chelnis, M.D mengatakan, kelopak mata memiliki tiga glandula: air, lendir dan minyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fungsi terakhir adalah yang paling penting sebab minyak menjaga mata tetap basah dan terhidrasi.

Jika kelenjar minyak pada mata berhenti bekerja dengan baik, maka mata tak terhidrasi dengan baik.

"Pernah dengar orang komplain soal mata kering namun tetap berair? Yang terjadi adalah mata kekurangan minyak untuk menghidrasi mata," katanya.

Baca juga: Tips Agar Maskara Tak Rusak Sebelum Waktunya

Maskara bisa menyumbat pori-pori pada area tersebut sehingga produksi minyak berkurang, terutama jika maskara tidak dibersihkan dengan benar di malam hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.