Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulseboost HD, Sepatu yang Dibuat untuk Berlari di Perkotaan

Kompas.com - 18/09/2019, 15:32 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Di jaman sekarang, sepatu sudah berevolusi sedemikian rupa dan dibagi menjadi banyak kategori untuk penggunaan-penggunaan spesifik. Sepatu lari misalnya, tentu berbeda dengan sepatu tenis atau basket.

Bahkan sepatu lari masih dibagi-bagi sesuai medannya. Ada sepatu yang khusus untuk berlari di alam bebas (trail run), ada sepatu untuk lari jarak jauh, sepatu untuk sprint atau lari cepat, atau untuk berlari di jalanan perkotaan.

Pembedaan ini dilakukan selain untuk memberi performa yang optimal pada pemakainya, juga untuk memberi kenyamanan dan menghindarkan dari cedera.

Tak heran bila brand seperti adidas mengeluarkan beragam sepatu untuk keperluan olahraga yang berbeda. Yang terbaru adalah Pulseboost HD, sepatu untuk lari di perkotaan dengan jalanan aspal, beton, atau pavement.

Mengapa sepatu untuk lari di perkotaan harus berbeda dengan sepatu untuk lari jarak jauh?

Berdasarkan masukan dari para pelari urban di New York, Paris, dan Berlin, lari di lingkungan kota ternyata tidak selalu konstan dan lurus seperti lari jarak jauh.

Saat berlari di perkotaan, kita seringkali harus bermanuver, menghindari pejalan kaki atau pesepeda, naik dan turun ke trotoar, berbelok di tikungan, berhenti tiba-tiba, dan lain-lain.

Karenanya diperlukan sepatu yang bisa membuat pemakainya bergerak dengan lincah dan gesit, tanpa terpeleset, namun sekaligus nyaman dan melindungi kaki dari slip.

Kemampuan itulah yang kemudian ditanamkan pada adidas PulseBoost HD lewat bagian upper, midsole, maupun outsolenya.

outsole adidas Pulseboost HDadidas outsole adidas Pulseboost HD
Yang menonjol dan merupakan hal baru di sepatu ini adalah outsole Continental Adaptive Traxion dengan pola istimewa yang dikembangkan oleh kecerdasan buatan.

Outsole ini dirancang agar memberikan cengkraman maksimum saat berganti arah dengan cepat pada berbagai jenis permukaan, kering maupun basah.

Di bagian atas outsole, adidas menggunakan midsole Boost HD alias High Density yang lebih padat, untuk memberi kenyamanan pada kaki, sekaligus memberi energy return atau tolakan tenaga saat berlari.

Selanjutnya, kaki akan dibungkus menggunakan bahan Adapt Knit, upper baru yang fleksibel dan dapat diregangkan di tempat yang diperlukan.

Stephan Schneider, Sr. Product Manager adidas Running, mengatakan, “Berlari di perkotaan tidak sama seperti berlari di tempat lainnya. Jalanan yang padat, lampu dan kerumunan orang menjadikan kegiatan ini pengalaman yang unik. Karenanya kami ingin menciptakan sepatu yang dilahirkan dari para pelari urban."

adidas Pulseboost HDadidas adidas Pulseboost HD
Untuk menciptakan Pulseboost HD, adidas memulainya dengan menguraikan elemen-elemen berlari di lingkungan perkotaan, seperti posisi kaki. Sebagai contoh, pelari cenderung lebih sering menapak pada kaki bagian depan ketimbang kaki bagian tengah saat lari di kota.

"Kami menyertakan berbagai masukan dari para pelari urban dan menyempurnakannya dengan desain komputasional. Bisa dibilang sepatu ini bukan produk yang dibuat oleh adidas saja, melainkan diciptakan oleh kultur pelari urban.”

Untuk menambah identitas sebagai sepatu urban, di bagian lidah sepatu ini ada tulisan koordinat GPS untuk New York, Paris dan Berlin, tempat para pelari dari kota tersebut membantu mengembangkan Pulseboost HD.

Selain itu ada barcode yang bila di-scan akan membawa kita pada situs pemutar lagu Spotify yang sudah menyediakan deretan lagu yang cocok didengarkan sambil berlari.

PulseBoost HD sudah tersedia di toko-toko adidas dan secara online di shop.adidas.co.id dengan harga Rp. 2,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com