Kompas.com - 18/09/2019, 16:22 WIB
Ilustrasi menyilangkan kaki shutterstockIlustrasi menyilangkan kaki

KOMPAS.com - Tanpa kita sadari, bahasa tubuh juga memegang peranan penting dalam kehidupan kita.

Banyak orang secara diam-diam memperhatikan bahasa tubuh kita untuk mengetahui suasana hati dan karakter asli kita. Bahasa tubuh juga menentukan kesan pertama kita di mata orang lain.

Nah, agar kita bisa memberi kesan terbaik pada orang-orang yang kita temui, mari pahami delapan arti bahasa tubuh berikut ini:

1. Menyilangkan tangan

Ilustrasi menyilangkan tanganshutterstock Ilustrasi menyilangkan tangan
Menurut pakar bahasa tubuh Barbara dan Alle Pease dalam buku berjudul "The Definitive Book of Body Language", menyilangkan tangan menyiratkan kita merasa tidak aman, cemas, defensif atau keras kepala.

Janine Driver, penulis buku terlaris New York Times, You Can Lie to Me, mengatakan menyilangkan tangan bisa jadi pertanda orang tersebut tidak putus asa dalam menjawab pertanyaan yang sulit.

Hal ini terbukti lewat riset yang mendapati peserta yang menyilangkan tangan saat menghadapi soal matematika yang sulit, 30 persen lebih mungkin untuk terus berusaha menyelesaikannya soal-soal tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tindakan menyilangkan lengan adalah pertanda kita menggunakan otak kiri dan kanan sehingga menciptakan fungsi kognitif yang lebih tinggi.

Mantan agen FBI Joe Navaro juga menyebut tindakan menyilangkan tangan merupakan bentuk "menenangkan diri", untuk menghibur diri sendiri bukan melawan orang lain.

Jadi, saat kita berhadapan dengan seseorang yang menyilangkan tangan ketika menjawab pertanyaan sulit, itu berarti mereka sedang mencoba memberi jawaban.

Baca juga: 6 Bahasa Tubuh yang Mendatangkan Kebaikan Hidup

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.