Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendengarkan Bumi dalam Desain Kantung Belanja Sony

Kompas.com - 18/09/2019, 20:16 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye lingkungan tengah jadi perhatian sejumlah merek beberapa tahun belakangan.

Masing-masing label berusaha membuat produk mereka ramah lingkungan, sekali pun dimulai dari langkah kecil seperti kantung belanja.

Sony Indonesia merupakan satu di antara label yang memulai dengan merilis reusable shopping bag (kantung belanja yang dapat digunakan kembali).

Kantung belanja tersebut memiliki desain unik karya Langit Dwiangkara, mahasiswa Gunadarma yang memenangkan Sony Eco Shopping Bag Contest.

Ada pun desain kantung belanja tersebut adalah bumi yang terlihat mengenakan headset.

Langit bercerita, ide di balik desain tersebut diambil dari keseharian manusia yang menempati bumi dan memanfaatkan isi yang ada di bumi.

"Tapi, apakah kita pernah berpikir mengenai apa yang diinginkan bumi? Inilah ide yang menginspirasi saya untuk menciptakan desain kantong belanja Sony," katanya dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (18/9/2019).

"Memahami dan mendengarkan bumi adalah salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan bumi. Kita bisa mulai menjaga dan melestarikan bumi dengan mengurangi penggunaan plastik."

Dari kiri ke kanan, Director of Partnership WWF Indonesia Ade Swargo Mulyo, desainer Langit Diwangkara dan President Director, PT Sony Indonesia Kazuteru MakiyamaSony Indonesia Dari kiri ke kanan, Director of Partnership WWF Indonesia Ade Swargo Mulyo, desainer Langit Diwangkara dan President Director, PT Sony Indonesia Kazuteru Makiyama

Langit berharap, kantung belanja hasil desainnya turut membantu menyampaikan pesan pelestarian bumi kepada masyarakat luas.

Tas belanja tersebut juga diharapkan bisa menjadi alat untuk mulai berdiskusi dan berbagi informasi seputar pentingnya pelestarian bumi dan lingkungan.

"Kebanggaan dan kesadaran memakai reusable shopping bag bisa membantu mempengaruhi dan mengurangi volume sampah plastik. Kesadaran peduli plastik perlu dimulai dari diri sini dan dibagikan ke orang sekitar," katanya.

Sebagai pemenang, desain dari Langit Diwangkara akan dipakai sebagai reusable shopping bag di semua Sony Center di Indonesia. Selain itu, Langit juga mendapatkan beasiswa pendidikan sebesar Rp 20.000.000.

Ada pun kompetisi ini dilaksanakan dari 1 Mei 2019 hingga 30 Juni 2019 bagi para pelajar dan mahasiswa. Secara total, sebanyak 127 desain diterima oleh Sony Indonesia.

Sesuai dengan komitmen awal untuk menyumbangkan sejumlah uang per desain yang lolos kriteria, Sony memberikan donasi WWF (World Wildilfe Fund) Indonesia untuk dipergunakan dalam program Plastic Free Ocean Network yang dijalankan WWF di berbagai kawasan pesisir Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com