Memilih Jenis Olahraga Sesuai Kepribadian

Kompas.com - 19/09/2019, 11:09 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Memilih jenis olahraga yang tepat ternyata bisa juga didasari oleh kepribadian seseorang. Misalnya apakah kita tergolong seorang introvert atau ekstrovert.

Menurut riset yang dilakukan oleh aplikasi kesehatan dan kebugaran, Mindbody, menjalani olahraga yang tidak sesuai dengan kepribadian bisa membuat kita merasa terpaksa ketika menjalani rutinitas tersebut.

Sesi olahraga kemudian akan terasa lebih berat, kurang menyenangkan dan tentu saja kurang efektif.

Olahraga untuk introvert

1. HIIT

Pakar nutrisi dan kebugaran di Nature Health Box, Tom Jenane menyebutkan, untuk individu introvert ia merekomendasikan Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT). Selain efektif membakar kalori dalam waktu singkat, HIIT juga bisa dilakukan sendirian.

"Jika kamu merasa malas menghadiri kelas publik, ada banyak video YouTube yang bisa kamu manfaatkan untuk berolahraga di rumah. Pastikan levelnya sesuai dengan kemampuanmu sehingga target kebugaran bisa tercapai," katanya.

Jika melakukannya di rumah, Tom juga menyarankan untuk memilih variasi sesi HIIT agar tidak membosankan dan kita bisa melatih banyak area tubuh.

Baca juga: Hindari, 6 Kesalahan Umum Saat Melakukan HIIT

2. Yoga dan pilates

Mayoritas introvert atau sekitar 81 persen mengaku seringkali lelah setelah berolahraga. Jadi, kenapa tidak mencoba yoga atau pilates? Meski tidak seintensif beberapa jenis olahraga lain, namun yoga dan pilates bisa meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X