Kompas.com - 19/09/2019, 14:21 WIB
Rambut panjang lurus kobrin_photoRambut panjang lurus

 

KOMPAS.com – Rambut menerima perlakuan “semena-mena” hampir setiap hari, mulai dari terpapar sinar matahari, diwarnai, diikat terlalu keras, hingga pemakaian produk-produk kimia. Sehingga, wajar jika kita perlu merawat dan memajankannya agar rambut tetap sehat.

Ada beragam jenis produk perawatan rambut untuk aneka masalahnya. Kita juga bisa mendapatkannya secara online dengan sekali sentuh.

Namun, tahukah kamu bahwa terkadang perawatan rambut terbaik sudah ada di dapur kita, salah satunya minyak zaitun. Kita dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk menyehatkan rambut.

Sejak lama minyak zaitun juga dimanfaatkan sebagai bahan baku sabun atau dipakai langsung ke kulit dan rambut.

Penata rambut dan pakar cosmetology Gabrielle Corney merekomendasikan memakai terapi hangat minyak zaitun atau sebagai kondisioner untuk melembutkan rambut.

“Kita juga bisa memakainya sedikit ke kulit kepala untuk memberi kelembaban dan juga memberi kilau rambut. Tetapi, jangan berlebihan memakainya karena bisa membuat rambut lepek,” kata Corney.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Minyak ini juga dapat dipakai sebagai masker. Caranya, oleskan pada rambut lalu biarkan selama 30 menit hingga satu jam, lalu dibilas.

Untuk hasil terbaik, Corney menyarankan memakai minyak zaitun murni (extra-virgin). Ini merupakan minyak yang belum disuling yang berarti belum terpapar zat kimia atau panas. Minyak zaitun murni juga memiliki lebih banyak vitamin dan mineral.

Yang harus diingat, minyak zaitun bukanlah tongkat ajaib yang bisa mengubah apa pun. Dengan kata lain, minyak ini tak terbukti bisa menyuburkan rambut atau mempertebal.

Rambut juga harus dicuci dengan bersih setelah memakai minyak zaitun, jika tidak sisa minyak akan menjadi perangkap debu dan membuatnya lepek.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Rambut Rontok Setelah Melahirkan



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X