Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2019, 14:21 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

 

KOMPAS.com – Rambut menerima perlakuan “semena-mena” hampir setiap hari, mulai dari terpapar sinar matahari, diwarnai, diikat terlalu keras, hingga pemakaian produk-produk kimia. Sehingga, wajar jika kita perlu merawat dan memajankannya agar rambut tetap sehat.

Ada beragam jenis produk perawatan rambut untuk aneka masalahnya. Kita juga bisa mendapatkannya secara online dengan sekali sentuh.

Namun, tahukah kamu bahwa terkadang perawatan rambut terbaik sudah ada di dapur kita, salah satunya minyak zaitun. Kita dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk menyehatkan rambut.

Sejak lama minyak zaitun juga dimanfaatkan sebagai bahan baku sabun atau dipakai langsung ke kulit dan rambut.

Penata rambut dan pakar cosmetology Gabrielle Corney merekomendasikan memakai terapi hangat minyak zaitun atau sebagai kondisioner untuk melembutkan rambut.

“Kita juga bisa memakainya sedikit ke kulit kepala untuk memberi kelembaban dan juga memberi kilau rambut. Tetapi, jangan berlebihan memakainya karena bisa membuat rambut lepek,” kata Corney.

Minyak ini juga dapat dipakai sebagai masker. Caranya, oleskan pada rambut lalu biarkan selama 30 menit hingga satu jam, lalu dibilas.

Untuk hasil terbaik, Corney menyarankan memakai minyak zaitun murni (extra-virgin). Ini merupakan minyak yang belum disuling yang berarti belum terpapar zat kimia atau panas. Minyak zaitun murni juga memiliki lebih banyak vitamin dan mineral.

Yang harus diingat, minyak zaitun bukanlah tongkat ajaib yang bisa mengubah apa pun. Dengan kata lain, minyak ini tak terbukti bisa menyuburkan rambut atau mempertebal.

Rambut juga harus dicuci dengan bersih setelah memakai minyak zaitun, jika tidak sisa minyak akan menjadi perangkap debu dan membuatnya lepek.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com