Bikin Tak Nyaman, Ini Cara Menghilangkan Bau Kaki

Kompas.com - 20/09/2019, 07:52 WIB
Ilustrasi bau kaki shutterstockIlustrasi bau kaki
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika menggemari komik terkenal dari Jepang, Crayon Shincan, kamu mungkin akrab dengan ciri ayah Shincan yang kaki dan kaos kakinya sangatlah bau.

Walau kisah ini terlihat lucu, kamu tentu menjadi malu dan kurang percaya diri, apabila dalam kehidupan sehari-hari, memiliki kaki yang bau.

Dalam dunia kesehatan, kaki yang bau disebut bromodosis. Kondisi yang umum ini dapat terjadi, karena menumpuknya keringat di kulit kaki.

Penumpukan keringat tersebut menyebabkan tumbuhnya bakteri, yang dapat memicu bau tak sedap. Infeksi jamur juga bisa menjadi penyebab bromodosis.

Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan bau kaki atau bromodosis, yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap dan Cara Mengusirnya

Kaki merupakan area tubuh yang sangat mudah berkeringat, karena memiliki lebih banyak kelenjar keringat, dibandingkan bagian tubuh lain. Keringat dihasilkan untuk membuat tubuh senantiasa berada dalam kondisi dingin.

Dengan pengetahuan ini, hal utama dalam menghilangkan bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan kaki. Membersihkan kaki tersebut termasuk mengikis sel kulit mati, serta menjaga kuku tetap pendek.

Tips dan cara menghilangkan bau kaki berikut ini, bisa kita terapkan dengan mudah. Dengan sedikit komitmen, bau tak sedap dapat disingkirkan.

Menjaga kebersihan kaki

Bersihkan kaki dengan sabun, minimal sekali sehari. Waktu untuk terbaik melakukan ini yakni saat mandi pagi dan sore. Selain itu, pastikan juga mengeringkan kaki setelah membersihkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X