Demi Kesehatan, Jangan Lupa Keringkan Tangan Usai Mencucinya

Kompas.com - 20/09/2019, 20:28 WIB
Ilustrasi mencuci tangan hxdbzxyIlustrasi mencuci tangan

KOMPAS.com - Kebersihan tangan merupakan aktivitas sederhana yang berdampak besar bagi kesehatan kita. Selain menggunakan sabun dan air mengalir, mengeringkan tangan usai mencucinya juga sama penting untuk membunuh kuman di tangan.

Pakar kesehatan Nesochi Okeke-Igbokwe mengatakan, sangat penting mengeringkan tangan usai mencucinya. Tangan yang basah mudah terkontaminasi kuman.

"Air dari tangan sisa mencucinya bisa terinfeksi bakteri. Menyentuh apapun saat tangan basah juga bosa mengakibatkan infeksi bakteri," kata dokter keluarga David Cutler.

Butuh waktu 20 hingga 30 detik untuk mencuci tangan, terutama setelah menyentuh benda-benda berkuman.

Namun, tangan akan benar-benar bersih jika kita mengeringkannya.

"Salah satu tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Anda tidak mengkontaminasi ulang tangan dengan bakteri dalam proses mencuci atau mengeringkan tangan,” kata Okeke-Igbokwe.

Cara terbaik untuk mengeringkan tangan adalah dengan menggunakan handuk kertas, handuk kain atau mesin pengering udara daripada membiarkannya kering dengan sendirinya.

Ada juga penelitian yang menyebut cara terbaik mengeringkan tangan adalah dengan menggunakan tisu.

Baca juga: Meski Pakai Toilet Pribadi, Jangan Malas Cuci Tangan...

Menurut penelitian dari Mayo Clinic, mengeringkan tangan dengan mesin pengering tangan dapat menyebarkan bakteri karena tiupan udara dari mesin dapat menyebarkan patogen kembali ke tangan usai mencucinya.

"Menggunakan mesin pengering tangan di toilet umum adalah cara terburuk untuk mengeringkan tangan yang sudah dicuci,” kata Cutler.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X