Dukungan Bekraf untuk Pendatang Baru Modest Fashion

Kompas.com - 21/09/2019, 11:00 WIB
Peserta Program Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFund). Dok ModestFFFund.Peserta Program Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFund).

KOMPAS.com – Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, Indonesia merupakan pasar yang besar untuk modest fashion (busana sopan dan tertutup). Label-label baru di sektor ini pun terus bermunculan.

Modest fashon di Indonesia sebagai sub sektor fashion menduduki peringkat kedua dalam nikai kontribusi terhadap PDB. Fashion sebagai subsektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 18,01 persen atau setara dengan Rp 166 triliun pada tahun 2016.

Untuk mendorong industri ini, Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) menyelenggarakan Program Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFund). Program ini merupakan akselerasi untuk pelaku usaha modest fashion tanah air dalam hal permodalan dari perbankan syariah.

Modest Fashion Founders Fund Celebration Days di mal Gandaria City Jakarta, tanggal 19-22 September 2019.Dok Bekraf Modest FFFund Modest Fashion Founders Fund Celebration Days di mal Gandaria City Jakarta, tanggal 19-22 September 2019.
Lewat program ini, terjaring 400 pendaftar dari seluruh Indonesia hingga akhirnya dipilih 100 brand atau desainer untuk mengikuti proses seleksi dan di Jakarta pada awal Juli 2019.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, proses seleksinya berlangsung ketat dari para juri. Dari 100 brand itu akhirnya diseleksi lagi hanya menjadi 20.

“Mereka yang terpilih juga mendapatkan ilmu untuk mengembangkan usaha serta dipertemukan dengan pihak perbankan syariah untuk memperoleh dukungan pembiayaan usaha,” katanya di mal Gandaria City Jakarta (20/9/2019).

Pendiri Modest Fashion Week Franka Soeria, yang terlibat dalam kegiatan ini menjelaskan, desainer atau pelaku usaha yang terpilih dinilai bukan cuma berdasarkan desainnya, tapi juga bisnisnya.

“Karena kami ingin melahirkan pebisnis modest fashion, jadi harus jago jualan juga, karena ini berarti meningkatkan ekonomi,” ujar Franka yang memiliki jaringan luas di dunia modest fashion internasional.

Ia menambahkan, ke-20 orang yang terpilih itu terdiri dari 18 brand busana modest perempuan, satu busana untuk pria, dan satu baju anak.

“Mereka juga mendapatkan creative workshop lengkap tentang produksi sampai bisnis dari para pengajar lokal dan internasional,” ujarnya.

Pembukaan acara Modest Fashion Founders Fund Celebration Days di mal Gandaria City Jakarta (20/9/2019).Dok Bekraf Modest Fashion FFFund Pembukaan acara Modest Fashion Founders Fund Celebration Days di mal Gandaria City Jakarta (20/9/2019).

Franka mengatakan, desainer dan brand-brand modest fashion di Indonesia masih memerlukan pembekalan agar bisa melebarkan sayap ke pasar internasional.

“Di Indonesia, brand-brand ini mungkin laku, tapi kalau mau menyasar pasar luar harus disesuikan, perlu riset. Pendekatan yang diterapkan di sini tidak sama dengan pasar luar,” katanya.

Sebagai puncak dari program tersebut, Bekraf menyelenggarakan Modest Fashion Founders Fund Celebration Days selama 4 hari berturut-turut dari September 19-22 di Gandaria City (area Piazza & Mainstreet).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X