Kompas.com - 24/09/2019, 12:19 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com – Hidrokuinon merupakan zat yang dipakai dalam perawatan kulit, khususnya untuk mencerahkan dan memudarkan flek hitam di wajah. Walau tergolong aman, namun pemakaian dalam jangka panjang bisa menimbulkan efek samping.

Menurut dr.Inneke Jane, Sp.KK, hidrokuinon memang menjadi standar emas pengobatan flek hitam di wajah. Pemakaian krim oles ini harus dengan resep dokter dan dipakai maksimal dipakai selama 6 bulan.

“Setelah 6 bulan harus ada penyesuaian dosis, makanya harus rajin kontrol ke dokter. Sayangnya, pasien sering malas balik ke dokter lagi. Krim hidrokuinonnya dipakai bertahun-tahun,” kata dokter dari Youth & Beauty Clinic Jakarta ini.

Ia menambahkan, hidrokuinon juga seringkali dibareng dengan steroid untuk mempercepat pencerahan wajah.

“Kulit memang kelihatan lebih putih, tapi efek sampingnya kulit jadi tipis dan terlihat pembuluh darah. Kalau pemakaian krimnya dihentikan muncul beruntusan,” kata dokter yang akrab disapa Jane ini.

Pemakaian jangka panjang hidrokuinon juga bisa menimbulkan akronosis atau deposit hasil metabolisme hidrokuinon berupa bintil-bintil di kulit. Pengobatannya pun lebih sulit.

Dr.Gaby Syerly (kiri) dan dr.Inneke Jane, Sp.KK dari Youth & Beauty Clinic Jakarta.Kompas.com/Lusia Kus Anna Dr.Gaby Syerly (kiri) dan dr.Inneke Jane, Sp.KK dari Youth & Beauty Clinic Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terobosan baru

Saat ini sudah ada terobosan baru alternatif hidrokuinon untuk mengatasi melasma atau flek-flek kehitaman di wajah, yakni krim Cyspera.

Dijelaskan oleh dr.Gaby Syerly, krim cyspera sedang menjadi tren di negara-negara lain karena tidak menimbulkan efek samping seperti hidrokuinon.

“Pemakaiannya juga mudah, cukup dioleskan tipis-tipis ke seluruh bagian wajah, tunggu 15 menit, lalu cuci muka. Setelah itu gunakan pelembab,” kata Gaby.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.