Lihat, 63 Lukisan Bali Koleksi PK Ojong di Bentara Budaya Jakarta

Kompas.com - 24/09/2019, 15:17 WIB
Bentara Budaya Jakarta kembali menggelar pameran koleksi Bentara Budaya, berupa lukisan tradisional Bali dan keramik. BENTARA BUDAYABentara Budaya Jakarta kembali menggelar pameran koleksi Bentara Budaya, berupa lukisan tradisional Bali dan keramik.

KOMPAS.com - Bentara Budaya Jakarta kembali menggelar pameran koleksi Bentara Budaya, berupa lukisan tradisional Bali dan keramik.

Ada 63 lukisan dan lebih dari 50 buah keramik-keramik antik akan ditampilkan dalam pameran yang berlangsung pada 19–29 September 2019.

Pameran dibuka mulai pukul 10.00–18.00 WIB, Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan.

Lukisan tradisional Bali dan keramik yang dipamerkan kali ini merupakan koleksi PK Ojong, salah satu pendiri Kompas Gramedia.

Ditemani kartunis GM. Sudarta, pada tahun 1971, PK Ojong pergi ke Bali untuk mendatangi rumah pelukis-pelukis tradisional di sekitar Ubud dan Batuan.

Baca juga: Yang Dirindukan dari Sosok PK Ojong, Sang Pendiri Kompas...

Ketika mengunjungi galeri milik Wayan Barwa di sekitar Banjar Mas, mereka bertemu dengan Ketut Nama.

Pemuda inilah yang kemudian mengantarkan PK Ojong dan GM Sudarta ke banjar-banjar sekitar Tebesaya, Padang Tegal, Pengosekan, Penestanan, dan Batuan.

Di sana, mereka bertemu dengan pelukis-pelukis tradisional Bali.

Sejumlah nama besar pelukis-pelukis tradisional Bali, seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Made, Wayan Turun, Anak Agung Gede Sobrat, Anak Agung Gede Maregrek, I Gusti Ketut Kobot, dan Made Widja akan ditampilkan pada pameran kali ini.

Karya-karya mereka pertama kali dipamerkan pada ulang tahun Harian Kompas ke 10 tahun 1975.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X