Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tyna Kanna Mirdad Biasakan Anak Rawat Area Intim demi Cegah Keputihan

Kompas.com - 24/09/2019, 15:31 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, membuka obrolan mengenai area intim dengan anak adalah hal yang sulit, sebab pembahasan tersebut terkadang masih dianggap tabu.

Namun bagi beauty influencer Tyna Kanna Mirdad, mengajari anak-anak agar peduli dengan area intim dilakukannya sedari dini. Apalagi, kedua anak Tyna adalah perempuan.

Sebisa mungkin ia membuat suasana nyaman di rumah, agar anak-anak mau terbuka mengomunikasikan hal-hal terkait area kewanitaan pada dirinya. Meskipun keduanya belum memasuki masa menstruasi.

"Aku enggak mau ada yang ragu untuk ngomong sama aku."

Baca juga: Jangan Pakai Tisu Wajah untuk Bersihkan Area Intim

Hal itu dikatakan Tyna dalam peluncuran rangkaian intimate care oleh Corine de Farme di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Tyna mengaku pernah mengalami keputihan saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Kondisi kamar mandi sekolah yang tidak higienis dan tidak menyediakan tisu toilet menjadi penyebabnya.

Di samping itu, ia kurang terbuka dengan sang ibu ketika bicara soal area intim.

Berkonsultasi dengan dokter membuat menantu keluarga Mirdad itu tahu hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat area intim.

Di antaranya menggunakan pembersih khusus area intim dan menjaganya agar tidak lembab.

Kini, ada beberapa hal yang ia terapkan pada anak, misalnya selalu mengelap kering area kewanitaan setelah buang air dan rajin mengganti pakaian dalam.

Meski begitu, Tyna ingin agar anak-anaknya melakukan segala sesuatu bukan karena takut dengan ibunya, melainkan karena sadar akan konsekuensinya.

"Aku ingin mereka bertanggung jawab sama diri mereka, karena tahu dampaknya."

"Kalau soal keputihan, jorok daerah intim, kan enggak ada ngaruhnya buat aku. Alhamdulillah mereka tahu harus melakukan itu," ucapnya.

Baca juga: Tips Sederhana untuk Jaga Kebersihan Organ Intim Kewanitaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com