Kompas.com - 24/09/2019, 15:31 WIB
Tyna Kanna Mirdad ketika menghadiri peluncuran rangkaian intimate care oleh Corine de Farme di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019). KOMPAS.com/Nabilla TashandraTyna Kanna Mirdad ketika menghadiri peluncuran rangkaian intimate care oleh Corine de Farme di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, membuka obrolan mengenai area intim dengan anak adalah hal yang sulit, sebab pembahasan tersebut terkadang masih dianggap tabu.

Namun bagi beauty influencer Tyna Kanna Mirdad, mengajari anak-anak agar peduli dengan area intim dilakukannya sedari dini. Apalagi, kedua anak Tyna adalah perempuan.

Sebisa mungkin ia membuat suasana nyaman di rumah, agar anak-anak mau terbuka mengomunikasikan hal-hal terkait area kewanitaan pada dirinya. Meskipun keduanya belum memasuki masa menstruasi.

"Aku enggak mau ada yang ragu untuk ngomong sama aku."

Baca juga: Jangan Pakai Tisu Wajah untuk Bersihkan Area Intim

Hal itu dikatakan Tyna dalam peluncuran rangkaian intimate care oleh Corine de Farme di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Tyna mengaku pernah mengalami keputihan saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Kondisi kamar mandi sekolah yang tidak higienis dan tidak menyediakan tisu toilet menjadi penyebabnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping itu, ia kurang terbuka dengan sang ibu ketika bicara soal area intim.

Berkonsultasi dengan dokter membuat menantu keluarga Mirdad itu tahu hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat area intim.

Di antaranya menggunakan pembersih khusus area intim dan menjaganya agar tidak lembab.

Kini, ada beberapa hal yang ia terapkan pada anak, misalnya selalu mengelap kering area kewanitaan setelah buang air dan rajin mengganti pakaian dalam.

Meski begitu, Tyna ingin agar anak-anaknya melakukan segala sesuatu bukan karena takut dengan ibunya, melainkan karena sadar akan konsekuensinya.

"Aku ingin mereka bertanggung jawab sama diri mereka, karena tahu dampaknya."

"Kalau soal keputihan, jorok daerah intim, kan enggak ada ngaruhnya buat aku. Alhamdulillah mereka tahu harus melakukan itu," ucapnya.

Baca juga: Tips Sederhana untuk Jaga Kebersihan Organ Intim Kewanitaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.