Cara Aman Membuang Obat Kedaluwarsa

Kompas.com - 25/09/2019, 07:30 WIB
Ilustrasi obat-obatan theeveningIlustrasi obat-obatan


KOMPAS.com – Seperti halnya makanan, obat-obatan juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Namun, kita tidak sembarangan membuang obat-obatan itu ke tempat sampah agar tidak disalah gunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Obat yang dibuang begitu saja ke tempat sampah juga bisa merusak lingkungan atau membahayakan binatang peliharaan yang mengorek tempat sampah.

Dijelaskan oleh Dettie Yuliati, M.Si, Apt, Wakil Sekretaris Ikatan Apoteker Indonesia, penyimpanan obat di rumah tidak boleh sembarangan atau digeletakkan begitu saja, demikian pula halnya dengan pembuangannya.

“Cara membuang obat sisa pertama kita buka dari kemasan atau wadahnya dulu. Tutupnya juga harus dibuang terpisah, karena kalau masih utuh wadahnya bisa disalah gunakan,” kata Dettie dalam acara diskusi yang digelar oleh Hexparm Jaya dan Kalbe Farma di Jakarta (24/9).

Untuk obat dalam sediaan cair seperti sirup, buang isinya ke saluran air. Sementara untuk obat berbentuk tablet atau kapsul, tumbuk sampai tercampur, lalu tanam ke tanah.

“Jangan lupa menghapus informasi dari kemasan obat atau plastik obat sebelum dibuang,” katanya.

Obat yang sudah tidak layak dikonsumsi bisa dilihat secara fisik, selain tanggal kedaluwarsanya.

“Ciri obat yang sudah rusak antara lain kalau bentuk kapsul biasanya lengket, atau tablet yang sudah jadi bubuk atau ada titik-titik kehitaman. Selain itu obat sirup bentuknya berubah atau tidak menyatu lagi kalau dikocok,” ujarnya.

Untuk obat antibiotik, menurut Detti, seharusnya tidak ada sisa di rumah karena obat jenis ini harus dikonsumsi sampai habis.

Baca juga: Seorang Wanita Penderita Paru-paru Basah di Depok Diberi Obat Kedaluwarsa

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X