Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2019, 11:03 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daerah kewanitaan memiliki cenderung lebih sensitif daripada area tubuh lainnya. Oleh karena itu, diperlukan perlakuan khusus untuk daerah kewanitaan.

Namun sayangnya, banyak wanita justru membersihkannya bersama area tubuh lain dengan sabun yang sama saat mandi.

Padahal, area intim yang tak dirawat dengan baik juga akan menyebabkan risiko kesehatan, lho. Termasuk terjadinya risiko infeksi daerah intim.

"Ada rasa gatal, panas kemudian pembengkakan, nyeri, bau, kemerahan hingga iritasi. Tapi rata-rata masalahnya keputihan."

Hal itu diungkapkan oleh Nurhayatini, Product Manager PT Natural Nutrindo yang menaungi brand perawatan kulit dari Perancis Corine de Farme dalam peluncuran rangkaian intimate care oleh Corine de Farme di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Baca juga: Cara Benar Merawat Organ Kewanitaan

Merawat area kewanitaan sebetulnya tidak rumit, lho. Berikut tahapan sederhana merawat area kewanitaan:

1. Mengganti celana dalam setiap terasa lembap atau berkeringat, dan tidak menggunakan celana yang terlalu ketat. Pilih bahan katun yang mudah menyerap keringat.

2. Ketika menstruasi, ganti pembalut setidaknya setiap 3-5 jam sekali. Penggunaan pantiliner juga diperbolehkan, namun tetap diganti secara berkala dalam jangka waktu tersebut.

3. Menggunakan sabun pembersih khusus area kewanitaan. Setidaknya, pilihlah produk dengan kandungan asam laktat karena dapat membantu menetralkan daerah intim.

Produk ini sangat dibutuhkan terutama dalam kondisi tertentu seperti menstruasi dimana pH area kewanitaan akan terganggu. Gunakan sabun pembersih area kewanitaan maksimal dua kali sehari.

- Bersihkan area kewanitaan secara searah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya.

- Bersihkan dengan tangan beersih. Budayakan cuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Seperti mandi, jadikan hal ini seperti kebiasaan agar lebih mudah.

- Keringkan area intim dengan benar. Hindari tisu wajah karena powder yang terkandung di dalamnya berpotensi menyerap di area tersebut.

Gunakanlah hanya tisu toilet atau handuk kecil lembut yang khusus membersihkan area intim.

Baca juga: Tips Sederhana untuk Jaga Kebersihan Organ Intim Kewanitaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com