Tips Sederhana Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Kompas.com - 25/09/2019, 11:03 WIB
Ilustrasi vagina shutterstockIlustrasi vagina
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Daerah kewanitaan memiliki cenderung lebih sensitif daripada area tubuh lainnya. Oleh karena itu, diperlukan perlakuan khusus untuk daerah kewanitaan.

Namun sayangnya, banyak wanita justru membersihkannya bersama area tubuh lain dengan sabun yang sama saat mandi.

Padahal, area intim yang tak dirawat dengan baik juga akan menyebabkan risiko kesehatan, lho. Termasuk terjadinya risiko infeksi daerah intim.

"Ada rasa gatal, panas kemudian pembengkakan, nyeri, bau, kemerahan hingga iritasi. Tapi rata-rata masalahnya keputihan."

Hal itu diungkapkan oleh Nurhayatini, Product Manager PT Natural Nutrindo yang menaungi brand perawatan kulit dari Perancis Corine de Farme dalam peluncuran rangkaian intimate care oleh Corine de Farme di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Baca juga: Cara Benar Merawat Organ Kewanitaan

Merawat area kewanitaan sebetulnya tidak rumit, lho. Berikut tahapan sederhana merawat area kewanitaan:

1. Mengganti celana dalam setiap terasa lembap atau berkeringat, dan tidak menggunakan celana yang terlalu ketat. Pilih bahan katun yang mudah menyerap keringat.

2. Ketika menstruasi, ganti pembalut setidaknya setiap 3-5 jam sekali. Penggunaan pantiliner juga diperbolehkan, namun tetap diganti secara berkala dalam jangka waktu tersebut.

3. Menggunakan sabun pembersih khusus area kewanitaan. Setidaknya, pilihlah produk dengan kandungan asam laktat karena dapat membantu menetralkan daerah intim.

Produk ini sangat dibutuhkan terutama dalam kondisi tertentu seperti menstruasi dimana pH area kewanitaan akan terganggu. Gunakan sabun pembersih area kewanitaan maksimal dua kali sehari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X