Kompas.com - 25/09/2019, 20:33 WIB
Ilustrasi wajah shutterstockIlustrasi wajah

JAKARTA, KOMPAS.com – Efek paparan polusi udara bagi kulit ternyata tidak boleh diremehkan. Bagi kita yang tinggal di kota dengan tingkat polusi udara buruk, hal ini perlu jadi perhatian.

Menurut dokter Kevin A Maharis, polusi udara ditambah dengan paparan sinar matahari tinggi dapat membuat kulit kotor dan kering. Ketika kulit kering, maka tak ada lagi pertahanan terhadap sel-sel kulit.

“Jadi kotoran yang ada di kulit bisa mudah masuk, menjadi alergi, jerawat dan masalah kulit lain,” kata Kevin saat acara peluncuran dry skin gel Bio-Oil di Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Menurut Kevin, salah satu yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah paparan polusi udara pada kulit wajah adalah dengan memakai masker.

Di sisi lain, penggunaan masker pun harus diperhatikan. Sebab, jika wajah terlalu sering ditutup, masker tidak diganti-ganti--maka bisa menimbulkan jerawat.

“Banyak pasien saya sering pakai masker, (lalu) berjerawat. Jadi solusinya, (masker) sering dicuci dan rajin membersihkan wajah,” katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tak Cuma Gangguan Paru, Ini Efek Polusi Udara Bagi Tubuh

Setelah membersihkan wajah, dokter Kevin menganjurkam untuk menggunakan pelembap.

Ada pun, dokter Kevin menambahkan, pelembap dengan bahan dasar minyak efektif dalam menjaga kelembapan kulit lebih lama.

“Hal ini juga perlu didukung dengan kandungan yang memiliki manfaat lebih dalam membantu memperbarui sel-sel kulit serta menjaga tingkat eleastisitas kulit seperti shea butter, glycerin dan urea,” katanya.

Kendati demikian, dokter Kevin mengingatkan cukup menggunakan pelembap dua kali sehari. Seba, terlalu sering bisa menimbulkan risiko infeksi pada kulit.

“Infeksi itu terjadi bukan karena bakteri dan lain-lain, namun karena kulit terlalu lembap, jadi yang kita trigger adalah perkembangan jamur di daerah tersebut, terutama di bagian tertutup, seperti bagian selangkanagan,” katanya,

Setelah memastika pelembap sudah cukup, maka bisa memanfaatkan facial spray.

Penggunaan facial spray ketika kulit sudah terhidrasi di9sebut akan memberikan kelembapan tambahan.

“Kalau kulit kita kering, maka akan semakin kering. Jadi kalau sudah dicuci dengan benar, diberikan kelembapan tepat, diberikan facial spray, maka akan lebih moisture,” katanya.

Baca juga: Sembilan Kesalahan dalam Menggunakan Pelembab Wajah



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X