Jenis Camilan Sehat untuk Mendukung Diet

Kompas.com - 30/09/2019, 11:20 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Camilan atau makanan kecil yang dikonsumsi diantara waktu makan utama bukannya terlarang ketika kita sedang diet. Selama kita memperhatikan kandungan gizi dan porsinya, ngemil justru dianjurkan.

Menurut hasil dari Snacking Habit Report: Indonesia tahun 2017, rata-rata satu dari tiga orang Indonesia mengonsumsi lebih dari tiga camilan perhari.

Walau kita sudah mengubah menu makan siang dengan pilihan yang sehat, camilan yang terasa ringan dan tidak mengenyangkan tapi tinggi kalori pun sebenarnya bisa menambah asupan kalori sehari-hari.

Nah, agar kita tidak terlalu merasa bersalah karena ngemil gorengan atau minuman boba kekinian, ganti dengan camilan sehat sebagai berikut:

1. Kacang-kacangan
Kacang merupakan camilan bergizi yang ideal, karena kandungan lemak baiknya cukup tinggi dan membuatnya mengenyangkan saat dikonsumsi. Mengonsumsi kacang dalam jumlah wajar juga bisa membantu menurunkan berat badan serta mencegah berbagai penyakit.

2. Buah-buahan
Buah memiliki kandungan kalium, vitamin, serat, dan asam folat. Secara umum buah juga rendah lemak dan kalori. Beberapa pilihan buah yang bisa dijadikan camilan antara lain mangga, pisang, apel, peach, atau jenis beri.

Baca juga: Generasi Milenial Perlu Kenal Bedanya Makan “Beneran” dan Camilan

3. Yogurt
Terbuat dari susu segar, yogurt mengandung protein serta kalsium yang baik untuk otot dan tulang. Sebagai produk hasil fermentasi susu, yogurt mengandung bakteri baik yang memperlancar pencernaan. Kandungan gizi dalam yogurt antara lain vitamin B6, B12, kalium, dan magnesium.

Kita juga bisa memilih yogurt dengan rasa buah-buahan untuk mendapatkan manfaat lebih.

4. Keju
Keju yang terbuat dari susu sapi segar adalah sumber kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan gigi, serta mempercepat penyembuhan luka. Keju juga mengandung antioksidan yang baik, termasuk meningkatkan jumlah bakteri baik di perut.

5. Coklat hitam
Coklat hitam (dark chocolate) merupakan coklat dengan kandungan kakao lebih dari 70 persen. Coklat jenis ini termasuk baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan tinggi.

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X