Empat Cara Orangtua Pastikan Keamanan Remaja di Instagram

Kompas.com - 30/09/2019, 19:20 WIB
Ilustrasi logo Instagram pada ponsel yang terletak di atas laptop EngadgetIlustrasi logo Instagram pada ponsel yang terletak di atas laptop

KOMPAS.com - Anak-anak dan remaja saat ini sudah banyak yang memiliki akun media sosial, termasuk Instagram. Dengan segala keunggulannya, sebenarnya banyak juga risiko negatif yang mengintai ketika anak memakai media sosial tanpa kontrol

Selain risiko kecanduan dan menjadi korban kejahatan, media sosial juga bisa berdampak pada mental anak karena rentan mengalami "cyber bullying".

Banyak pula orangtua yang sulit mencari tahu apa yang dilakukan oleh anak remaja mereka di belantara internet.

Nah, ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan orangtua untuk menjaga keamanan anak di media sosial, seperti dikutip dari keterangan tertulis dari Instagram yang diterima Kompas Lifestyle:

1. Pahami alasan anak menggunakan Instagram

Cari tahu dan memahami alasan mengapa anak remaja mereka menggunakan Instagram. Mereka umumnya memanfaatkan Instagram untuk merayakan peristiwa penting, berbagi momen sehari-hari, terhubung dengan teman dan keluarga, membangun komunitas, hingga bertemu dengan orang yang memiliki kegemaran dan minat yang sama. 

2. Dorong anak menjadi dirinya sendiri 

Setelah mengetahui tujuan anak membuat Instagram, orangtua bisa mengajak anak untuk menentukan apakah akan membuat akun mereka bersifat publik atau privat. Dorong anak tampil menjadi dirinya sendiri.

Jika tidak percaya diri dan mengkhawatirkan respons orang lain, anak bisa menggunakan fitur Privasi Akun untuk menentukan siapa yang boleh dan tidak boleh melihat postingan serta berinteraksi dengan akun mereka.

Anak juga bisa memanfaatkan fitur Blokir untuk memblokir akun-akun yang tidak pantas atau ketika anak tidak ingin lagi berinteraksi dengan akun tertentu.

Baca juga: Selena Gomez dan Kecemasan Pengguna Instagram

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X