Berapa Batas Maksimal Minum Kopi Sehari yang Baik untuk Tubuh?

Kompas.com - 01/10/2019, 08:08 WIB
Ilustrasi minum kopi SPmemoryIlustrasi minum kopi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rasanya tidak ada yang lebih menyenangkan, daripada menyeruput secangkir kopi untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Mungkin secangkir kopi tidaklah cukup bagi kamu. Apakah kamu termasuk orang yang biasa mengonsumsi lebih dari satu cangkir kopi per hari?

Tahukah kamu, kopi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, minum kopi terlalu banyak, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, lho!

Hasil studi terbaru yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyarankan, kita sebaiknya tidak minum kopi lebih dari enam cangkir kopi, dalam satu hari.

Baca juga: Demi Kesehatan Jantung, Ketahui Batas Aman Konsumsi Kopi

Penelitian tersebut dilakukan, dengan melibatkan 347.077 responden yang telah terdiagnosis penyakit kardiovaskuler, atau penyakit jantung.

Mereka dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang memiliki varian gen CYP1A2, dan kelompok tanpa varian gen tersebut.

Sebagai informasi, varian gen CYP1A2 membuat seseorang lebih sulit memetabolisme semua kafeina yang dicerna. Akibatnya, individu yang memiliki varian gen ini, lebih berisiko untuk terkena penyakit jantung dan hipertensi.

Penelitian ini menemukan, jumlah kopi yang dikonsumsi, memengaruhi risiko penyakit jantung. Risiko tersebut berlaku untuk setiap responden penelitian.

Baca juga: Demi Kesehatan Jantung, Perhatikan Batas Aman Konsumsi Kopi

Berdasarkan temuan ini, kita disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi.

Apa akibatnya jika terlalu banyak minum kopi?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X