Kompas.com - 01/10/2019, 08:13 WIB

KOMPAS.comYoga, tak hanya diperuntukkan bagi orang sehat dan bugar. Orang yang mengidap penyakit kronis pun dapat amat terbantu jika mengikuti olahaga ini.

Yoga -diyakini, bisa membantu pasien melawan penyakitnya. Hal itu disampaikan instruktur yoga sekaligus survivor kanker, Ricka Ratna kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Berdasarkan pengalaman saya, yoga sangat membantu saya menghadapi penyakit kanker yang saya derita dulu,” ujar Ricka, yang juga Ketua Bidang Sosial Jabar Bergerak.

Baca juga: Rangganis, Nyalakan Harapan Hidup Pasien-pasien Miskin...

Ricka menceritakan, sedikitnya ada tiga manfaat yoga untuk pasien dengan penyakit kronis.

1. Pernapasan

Orang dengan penyakit kanker -misalnya, sambung Ricka, kerap mengalami sesak napas. Dalam yoga, pasien akan mempelajari cara bernapas dengan benar.

“Jadi, saat sesak napas, pasien bisa mengatur pola napasnya dengan lebih baik. Itu membantu mengurangi dan mengalihkan rasa sakit,” tutur Ricka.

Baca juga: Kamus Lengkap untuk Memulai Yoga bagi Pemula

2. Gerakan

Selain pernapasan, pasien dengan penyakit berat sering merasakan sakit yang luar biasa di tubuhnya.

Saat itu terjadi, pasien sering serba salah untuk bergerak. Mau duduk salah, berbaring salah, dan miring kiri kanan pun salah.

Dalam yoga, pasien berpotensi menemukan gerakan yang enak untuk tubuhnya saat sakit mendera.

“Pernah ada pasien mengalami sakit dari pungung sampai bawah. Dia akhirnya mengikuti yoga dan mengetahui gerakan yang pas untuk dirinya,” ucap Ricka.

Baca juga: Kulit Lebih Kenyal dan Sehat Berkat Yoga Wajah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.