Ini 4 Biji Kopi yang Dipakai Gerai Kopi Kenangan

Kompas.com - 01/10/2019, 15:17 WIB
Menu favorit di Kopi Kenangan adalah kopi kenangan mantan. Instagram/KopiKenangan.IDMenu favorit di Kopi Kenangan adalah kopi kenangan mantan.

JAKARTA, KOMPAS.comKopi Kenangan merupakan salah satu peritel kopi yang punya penggemar sendiri. Salah satu menu favorit di gerai yang berdiri sejak 2017 ini adalah Es Kopi Kenangan Mantan. 

Padanan yang pas antara kopi dan susu membuat minuman yang biasa disajikan dingin ini menjadi favorit kaum urban.

Demi mendapatkan cita rasa khas, Kopi Kenangan tak mau main-main dalam memakai biji kopi.

Co-founder Kopi Kenangan James Prananto mengungkapkan, mengambil biji kopi dari empat daerah di Indonesia--Takengon, Aceh; Sidikalang, Sumatera Utara; Java WIB, Jawa Timur; dan Flores, NTT.

Masing-masing kopi tersebut tidak disajikan secara single origin, melainkan blend.

"Kami sebut sebagai custom blend Kopi Kenangan," ujar James di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Ada pun rasa dari kopi yang juga campuran Arabica dan Robusta itu diklaim sedikit boldbody dan rasa coklat.

Baca juga: Cerita di Balik Hari Kopi Internasional

James menuturkan, rasa yang ingin dicapai dari custom blend tersebut adalah membuat peminumnya menikmati tanpa ada rasa mual.

"Custom blend kami juga enggak terlalu encer kayak minum es doang, juga enggak terlalu kental, sehingga enggak bikin enek. Kalau mau diminum, after taste juga enak, enggak asem-asem," kata James.

Untuk pengambilan biji kopi, James menyebut Kopi Kenangan langsung mengambil dari petani. Setelah itu, green beans yang diambil di-roasting di tempat khusus.

"Itu juga salah satu alasan kenapa (Kopi Kenangan) bisa jual (kopi) murah," katanya.

Baca juga: Disuntik 20 Juta Dollar AS, Kopi Kenangan Tatap Asia Tenggara 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X