Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2019, 22:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Pencarian cara menurunkan berat badan dengan efektif seperti tak ada habisnya. Banyak orang masih merasa kesulitan, untuk mengurangi berat badan, dan mencapai bobot yang ideal. Apakah kamu salah satu di antaranya?

Kunci dari menurunkan maupun meningkatkan berat badan adalah dengan mengetahui kebutuhan kalori harian. Untuk mengurangi bobot, kamu harus berada dalam kondisi defisit kalori. Dalam keadaan defisit kalori, makanan yang masuk harus lebih sedikit, dibandingkan energi yang dikeluarkan.

Namun ada hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Hal-hal kecil tersebut, termasuk dengan melakukan beberapa aktivitas pagi, yang secara tidak langsung membantu terjadinya defisit kalori.

Mengonsumsi air putih setelah bangun, tidak hanya membantu senantiasa berada dalam kondisi hidrasi, tapi juga dapat membantu menurunkan bobot.

Aktivitas pagi lain untuk menurunkan berat badan, yakni dengan mencari sinar matahari pagi, menimbang berat badan, dan sarapan dengan menyantap makanan berprotein tinggi.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai aktivitas pagi di atas, sebagai cara menurunkan berat badan yang mudah.

Minum air putih yang banyak

Memulai hari dengan meminum air putih merupakan cara paling mudah untuk menurunkan berat badan. Sebab, air dapat meningkatkan kalori yang dibakar oleh tubuh selama kurang lebih 60 menit.

Selain itu, air juga dapat mengurangi rasa lapar, sehingga kamu tak merasa ingin mengonsumsi camilan tak sehat. Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan, minum air putih 1-2 liter dalam sehari, dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Rutin Minum Air Hangat

Cari sinar matahari pagi

Sesaat setelah bangun pagi, bukalah tirai jendela kamar untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Kamu juga bisa duduk di depan rumah beberapa saat, untuk mendapat paparan cahaya matahari. Aktivitas pagi ini juga menjadi cara menurunkan berat badan yang tak repot dilakukan.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa paparan sedikit cahaya matahari dalam beberapa saat, dapat membantu melangsingkan badan.

Mendapatkan sedikit sinar matahari juga menjadi cara termudah untuk memperoleh vitamin D. Beragam studi menemukan, memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D dapat menurunkan berat badan, bahkan mencegah kenaikan bobot.

Kebutuhan terhadap cahaya matahari dapat bervariasi bagi tiap orang. Salah satunya adalah karena faktor jenis kulit. Walau begitu, mendapatkan paparan sinar matahari pagi selama 10-15 menit boleh jadi dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Berjemur Sinar Matahari Pagi Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Menimbang bobot tiap pagi

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com