Jejak Kopi Indonesia di Negeri Para Dewa, Yunani...

Kompas.com - 02/10/2019, 17:40 WIB
. DOKUMENTASI KBRI ATHENA.

KOMPAS.com - Kata freddo berasal dari bahasa Italia yang berarti ?dingin?. Kata ini ternyata sangat populer terdengar di banyak kafe di Yunani.

Kata ini pun ternyata memiliki arti penting untuk membedakan jenis minuman kopi yang akan kita pesan, apakah dingin atau panas.

Contohnya, pada saat kita menyebutkan hanya cappuccino, maka yang akan muncul adalah capuccino panas.

Berbeda jika yang disebutkan adalah freddo cappuccino, maka yang disuguhkan adalah kopi cappucino dingin. Tanpa perlu lagi menyebutkan dingin atau panas.

Kebiasaaan meminum kopi di Yunani sudah ada sejak masa kekaisaran Ottoman dan berkembang seiring waktu dengan pilihan jenis kopi yang semakin bervariasi.

Baca juga: Menyeruput Bikin Rasa Kopi Lebih Nikmat, Apa Alasannya?

Nah, khusus kebiasaan meminum kopi dingin bagi masyarakat Yunani diperkenalkan oleh Dimitris Vakondios.

Dia adalah pegawai perusahaan Nestlé yang tanpa sengaja menciptakan kopi frappé pada saat mengikuti Thessaloniki International Trade Fair tahun 1957.

Kala itu, Vakondios kesulitan mendapatkan air panas untuk membuat kopi klasik dan hanya mendapati air dingin.

Saat itu kopi langsung dicampur dengan air dingin dan dikocok secara bersamaan. Sejak saat itu tercipta kopi jenis frappé yang masih dijumpai di berbagai kafe hingga saat ini.

Jenis kopi dingin ini lamban laun berinovasi hingga tercipta jenis freddo cappuccino dan freddo espresso --kopi dingin yang sangat populer di kalangan anak muda Yunani, khususnya pada saat musim panas, pesaing terkuat frappé.

Kehidupan masyarakat Yunani memang tidak dapat dipisahkan dari kopi, di pagi hari adalah pemandangan umum melihat antrean panjang di hampir seluruh coffee shop di Yunani.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X