Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2019, 20:21 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber her.ie

KOMPAS.com - Terbangun dari tidur dengan perasaan bersalah, karena baru saja mengalami mimpi yang terasa nyata?

Masalahnya, dalam mimpi tersebut, kamu berselingkuh dari pasanganmu dengan orang lain.
Dan kamu teringat, sepertinya mimpi seperti ini bukanlah yang pertama.

Perasaan bersalah dan berbagai pertanyaan kemudian muncul. Apakah saya jahat berselingkuh di dalam mimpi? Apakah sebenarnya selama ini saya memikirkan orang lain? Apakah saya sudah tidak cinta lagi pada pasangan?

Jawaban dari semua pertanyaan itu adalah tidak.

Tidak, kamu tidak jahat, ini bukanlah sebuah indikasi bahwa kamu tidak lagi mencintai pasanganmu dan harus berpisah.

Baca juga: 7 Mimpi Seks yang Sering Dialami dan Maknanya

Bermimpi berselingkuh dari pasangan adalah hal normal dan seringkali ini tak ada kaitannya dengan kondisi hubungan kamu dan pasangan di dunia nyata.

Menurut psikolog Karin Anderson Abrell, Ph.D, bahwa mimpi-mimpi itu dapat berasal dari faktor sosial kehidupan sehari-hari, orang-orang yang kamu lihat, hal-hal yang kamu baca, bahkan gambar yang secara subliminal menarik perhatianmu.

Dan itu normal bagi otak untuk mengubahnya menjadi pengalaman seksual, terutama jika orang yang bersangkutan memang memesona.

Tapi sekali lagi, ini bukan berarti kamu benar-benar menginginkan orang tersebut, tetapi keingintahuan alami dalam dirimu muncul dan bertanya-tanya bagaimana rasanya bercinta dengan orang tersebut. Dan ini adalah hal yang normal.

Terkadang otak kita dapat menyesatkan dalam tidur kita, merencanakan dan menciptakan adegan dan fantasi yang mendorong batas-batas kehidupan nyata, tetapi tidak apa-apa karena itu hanyalah mimpi.

"Orang biasanya panik saat bermimpi tentang hal ini, padahal seharusnya tidak perlu," kata Abrell.

Baca juga: Kepribadian Memengaruhi Mimpi Saat Tidur?

Namun, jika perselingkuhan adalah sesuatu yang terus-menerus bermain di benak kamu atau kamu mendapati dirimu selamanya bermimpi bisa bersama orang lain dengan baik, mungkin perlu menilai ulang hubunganmu dengan pasangan.

Cobalah untuk melihat kembali hubunganmu dan pasangan dari luar, seperti seorang psikolog, analisis manfaat apa yang didapatkan masing-masing dalam hubungan yang sedang dijalani dan tuliskan.

Kemudian, tulis apa yang salah darimu dan pasangan selama menjalani hubungan tersebut dan bagaimana memerbaikinya, apakah itu masih mungkin atau tidak.

Mencatat semuanya akan membantu kamu dengan jelas dan fokus melihat masalah yang menjadi kekhawatiranmu, serta membantumu memikirkan cara memerbaiki masalah tersebut.

Terpenting, ingatlah untuk selalu berkomunikasi dengan pasanganmu. Jangan biarkan masalah memburuk di dalam diri sendiri, berbagi pikiran dengan pasangan akan selalu lebih baik.

Baca juga: Mengapa Seseorang Bisa Hadir dalam Mimpi Kita?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber her.ie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com