Kompas.com - 08/10/2019, 08:33 WIB
Desain sneakers Pro-Hong Kong di kompetisi desain  Vans? Global Custom Culture Twitter @tArtcHowDesain sneakers Pro-Hong Kong di kompetisi desain Vans? Global Custom Culture

KOMPAS.com - Setiap tahun Vans Global Custom Culture digelar untuk menjaring desain sneakers terbaik dari para seniman di seluruh dunia.

Pemenangnya akan mendapatkan 25.000 dolar AS dan desain sepatunya bakal diproduksi oleh Vans.

Tahun ini, kompetisi tahunan itu mendapat sorotan tajam. Bukan karena pemenangnya, melainkan keputusan yang diambil Vans terhadap salah satu desain.

Dilansir laman Highsnobiety, desain yang dibuat seniman asal Kanada "Naomiso" menggambarkan dukungan terhadap gerakan pro-demokrasi Hong Kong.

Visual desain itu menampilkan ilustrasi para demonstran di sisi sepatu, serta payung kuning di bagian depan. Payung adalah simbol aksi demo Hong Kong.

Sejak pemungutan suara dimulai pada 1 Oktober, desain Naomiso mendapat dukungan lebih dari 30.000 suara. Hal itu menjadikan desain sepatu itu memperoleh suara tertinggi.

Namun, bagi Vans, hal itu dianggap bisa menjadi berisiko, terutama jika desain tersebut keluar sebagai juara. Sebab, siapa pun pemenangnya bakal mendapatkan hadiah uang tunai serta desain sepatu yang bakal diproduksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Demo di Hong Kong, Kapankah Berakhir?

Di sisi lain, China, yang menolak aksi protes di Hong Kong, merupakan tempat produksi sepatu Vans. Hal ini tentu menjadi dilematis sendiri bagi Vans.

Oleh karena itu, Vans pun mengambil langkah untuk menarik desain tersebut dari kompetisi.

Dalam keterangan, Vans menulis, "Sebagai merek yang terbuka untuk semua orang, kami tidak pernah mengambil posisi politik dan karenanya meninjau desain untuk memastikan bahwa mereka sejalan dengan nilai-nilai yang telah lama dijunjung tinggi yaitu rasa hormat dan toleransi."

Atas keputusan tersebut, muncul tagar #boycottVans di media sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.