Mungkinkah Jerawat Timbul karena Faktor Keturunan?

Kompas.com - 08/10/2019, 14:53 WIB
. Shutterstock.

JAKARTA, KOMPAS.com - Walau sudah merawat kulit, tak jarang masalah jerawat tetap muncul dan sulit diatasi. Jerawat seperti itu biasanya dianggap muncul karena faktor keturunan.

Benarkah jerawat bisa timbul karena faktor keturunan?

Dr. Shinta Damayanti, SpKK dari Erha Derma Center menjelaskan, tidak ada yang namanya jerawat keturunan. Kondisi yang mungkin diturunkan oleh orangtua adalah kondisi kulit berminyak.

"Kalau ada orangtua yang tendensi kulit berminyak biasanya kulit anaknya juga berminyak," kata Shinta di Erha Derma Center cabang Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Dr. Shinta Damayanti, SpKK dari Erha Derma Center.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Dr. Shinta Damayanti, SpKK dari Erha Derma Center.

Adapun kulit berminyak merupakan salah satu faktor penyebab jerawat.

Beberapa faktor penyebab jerawat lainnya antara lain faktor hormonal, kurang tidur, stres, banyak pikiran, banyak konsumsi makanan berminyak, hingga pemakaian riasan wajah yang menyumbat pori-pori wajah.

Meski memiliki keturunan wajah berminyak, tak lantas kita pasti akan berjerawat. Kemunculan jerawat bisa dicegah dengan menghindari faktor-faktor tersebut. Mulai dari cukup tidur, makan sehat, hingg mengubah kebiasaan pemakaian riasan wajah.

"Kalau makeup terlalu tebal pori-pori wajah bisa tersumbat dan akan semakin jerawatan. Jadi yang penting adalah pencegahan," ucapnya.

Sebab, ketika jerawat sudah bermunculan, kesulitan tidak hanya dihadapi saat mengobati jerawat saja namun juga saat mengobati bekasnya.

Apalagi jika tipe bekas jerawatnya adalah yang dalam dan menukik di dalam kulit.

"Makanya saya selalu bilang ke pasien, jangan gemas lalu memencet jerawat," kata Sisca.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X