Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inklusi, Model-model Berbadan Gemuk Pun Melenggang di Catwalk TAFF

Kompas.com - 08/10/2019, 16:01 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Festival Mode Tahunan Tanzania (TAFF) diadakan pada tanggal 28 September 2019 lalu. Satu yang unik adalah mulai digunakannya model berukuran tubuh "plus" untuk melenggang di atas catwalk.

Pada model tersebut mengenakan pakaian dengan gambar khas desain Tanzania, dan dikenalan pada tipe tubuh yang mirip dengan orang kebanyakan. 

Pasalnya, acara-acara sejenis terdahulu selalu menampilkan model-model dengan tubuh tinggi dan kurus. Tak lain, itu adalah refleksi dari landasan pacu di Milan, New York, dan Paris.

Baca juga: Akhirnya, Victorias Secret Pakai Model Plus-Size

“TAFF memutuskan untuk mengubah tren dan merangkul segala bentuk tubuh."

"Ke depan, preferensi mode harus mewakili profil model yang inklusif dan beragam," tegas Deogratius Kithama, selaku event organiser, dan produser serta presenter acara fesyen di televisi selama 10 tahun.

Senada dengan itu, Ruth Josephat Urio, pendiri J’adore Couture, sebuah perusahaan produk rambut dan kosmetika, mengatakan, dia memilih untuk menggunakan model bertubuh besar, dengan ukuran tinggi rata-rata dalam perhelatan ini. 

“Saya melakukan itu juga untuk saya sendiri," kata Ruth.

Baca juga: Usaha Calvin Klein Bangkitkan Merek Lewat Iklan dengan Model Plus-Size

Dia menambahkan, selama ini dia berjuang untuk menemukan pakaian yang cocok untuknya kala peragaan busana. Sebab dia pun bertubuh besar.

“Saya menghadiri beberapa peragaan busana tetapi jarang sekali menemukan sesuatu yang cocok untuk saya," kata dia seperti dikutip dari laman theeastafrican.co.ke.

“Saya ingin membawa inklusifitas dengan tindakan bukan hanya dengan omongan. Jadi siapa pun, dengan bentuk tubuh bagaimanapun bisa mendapat kesempatan menjadi model, mereka hanya perlu kepercayaan diri,” kata dia.

Di ajang ini, selain para desainer "langganan" seperti Wolper House of Style, Lucky Collections, Jammilla Vera Swai, Jux, Gibacco, Waiz, Jamila, Samuel Zebedayo, Lucky Creation dan Vaaazi, ada pula sederet desainer baru.

Baca juga: Belajar Mencintai Diri Sendiri dari Model Plus-Size, Iskra Lawrence

Mereka adalah Rebecca dari label Beckyyarnfashion, Deborah, Emma, Baraka, Treezy Gallant, Twins, Leonce, Getlove, Maggie, Daddy and Mama J'adore.

Juma Mussa, yang dikenal sebagai Jux, seorang artis R&B Tanzania, tampil dan memperkenalkan koleksi merek pakaian barunya African Boy Summer Collection.

Produknya termasuk t-shirt, celana jeans, kemeja, topi, boxer, rompi. dan hoodie untuk pria dan wanita.

Dalam acara ini, penyelenggara tidak mengharapkan partisipasi yang besar karena ruang terbatas. Namun demikian, toh seluruh slot VIP penuh dipesan, sebelum penyelenggaraan acara.

Baca juga: 7 Tips Berpakaian untuk Perempuan Size Plus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com