Inklusi, Model-model Berbadan Gemuk Pun Melenggang di Catwalk TAFF

Kompas.com - 08/10/2019, 16:01 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Festival Mode Tahunan Tanzania (TAFF) diadakan pada tanggal 28 September 2019 lalu. Satu yang unik adalah mulai digunakannya model berukuran tubuh "plus" untuk melenggang di atas catwalk.

Pada model tersebut mengenakan pakaian dengan gambar khas desain Tanzania, dan dikenalan pada tipe tubuh yang mirip dengan orang kebanyakan. 

Pasalnya, acara-acara sejenis terdahulu selalu menampilkan model-model dengan tubuh tinggi dan kurus. Tak lain, itu adalah refleksi dari landasan pacu di Milan, New York, dan Paris.

Baca juga: Akhirnya, Victorias Secret Pakai Model Plus-Size

“TAFF memutuskan untuk mengubah tren dan merangkul segala bentuk tubuh."

"Ke depan, preferensi mode harus mewakili profil model yang inklusif dan beragam," tegas Deogratius Kithama, selaku event organiser, dan produser serta presenter acara fesyen di televisi selama 10 tahun.

Senada dengan itu, Ruth Josephat Urio, pendiri J’adore Couture, sebuah perusahaan produk rambut dan kosmetika, mengatakan, dia memilih untuk menggunakan model bertubuh besar, dengan ukuran tinggi rata-rata dalam perhelatan ini. 

“Saya melakukan itu juga untuk saya sendiri," kata Ruth.

Baca juga: Usaha Calvin Klein Bangkitkan Merek Lewat Iklan dengan Model Plus-Size

Dia menambahkan, selama ini dia berjuang untuk menemukan pakaian yang cocok untuknya kala peragaan busana. Sebab dia pun bertubuh besar.

“Saya menghadiri beberapa peragaan busana tetapi jarang sekali menemukan sesuatu yang cocok untuk saya," kata dia seperti dikutip dari laman theeastafrican.co.ke.

“Saya ingin membawa inklusifitas dengan tindakan bukan hanya dengan omongan. Jadi siapa pun, dengan bentuk tubuh bagaimanapun bisa mendapat kesempatan menjadi model, mereka hanya perlu kepercayaan diri,” kata dia.

Di ajang ini, selain para desainer "langganan" seperti Wolper House of Style, Lucky Collections, Jammilla Vera Swai, Jux, Gibacco, Waiz, Jamila, Samuel Zebedayo, Lucky Creation dan Vaaazi, ada pula sederet desainer baru.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X