Ajarkan Nilai Hidup Positif pada Anak Usia Dini Lewat Tokoh Animasi

Kompas.com - 08/10/2019, 16:26 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Karakter animasi dari film atau cerita favorit anak bisa menjadi salah satu media untuk mengajarkan dan menanamkan perilaku positif dengan cara menyenangkan.

Menurut psikolog Putu Andani, M.Psi, di era digital seperti sekarang, faktor yang memengaruhi pembentukan karakter anak semakin meluas, bukan hanya orangtua dan guru, tapi juga teman, dan konten hiburan yang dikonsumsi.

“Kenyataannya anak menghabiskan rata-rata 2-3 jam perhari untuk menonton konten digital, baik di TV atau website internet,” kata Putu.

Untuk itu, menurutnya, orangtua perlu memilihkan tayangan yang memiliki pesan sejalan dengan nilai-nilai positif yang dimiliki keluarga.

Saat ini terdapat banyak tokoh animasi yang memiliki karakter positif, misalnya kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria, hingga tidak pantang menyerah.

“Dampingi anak menonton konten animasi. Sebaiknya orangtua juga mengetahui alur cerita dan sifat dari setiap karakter secara baik, sehingga tetap ada pengawasan,” ujarnya.

Tidak hanya mendampingi di samping anak, orangtua juga perlu membangun diskusi yang interaktif dengan anak tentang tokoh animasi tersebut.

Animator Bambang Gunawan Santoso menambahkan, karakter animasi yang memiliki visual menarik bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian anak.

“Tidak kalah penting, pemilihan alur cerita dapat menjadi nyawa sekaligus kendaraan utama dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan, agar diterima dengan mudah oleh anak,” kata Bambang.

Baca juga: Para Orangtua, Yuk Mulai Dampingi Anak Anda Nonton Televisi

Peluncuran karakter animasi Zuzhu dan Zazha.Dok FFI Peluncuran karakter animasi Zuzhu dan Zazha.

Karakter Zuzhu dan Zazha

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X