Pernikahan Tanpa Seks? Mungkin Ini yang Terjadi...

Kompas.com - 08/10/2019, 21:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Ini adalah pertanyaan banyak orang yang -mungkin, tetapi tidak pernah ditanyakan. Seberapa banyak hubungan seks yang normal dalam ikatan perkawinan?

" Pernikahan tanpa seks adalah hal yang nyata. Itu adalah epidemi. Ada banyak orang yang tidur sendirian, menikah, namun tetap 'sendirian'."

Begitu kata Dr. Doug Weiss, Direktur Eksekutif Heart to Heart Counseling Center di Colorado Springs, Amerika Serikat.

Pada tahun 2015, frasa "perkawinan tanpa seks" dilaporkan sebagai salah satu frasa paling banyak dicari orang terkait seks dan pernikahan.

Seperti diberitakan The New York Times, 21.000 orang mencari dengan kata kunci itu, setiap bulannya.

Baca juga: 5 Tanda Seseorang Alami Kecanduan Seks

Weiss mengaku telah melihat banyak pasangan yang hidup dalam pernikahan, namun tanpa keintiman seksual. Dia menegaskan, kondisi semacam ini banyak terjadi.

Mereka yang tidak secara fisik terhubung lewat seks dapat berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan puluhan tahun.

"Saya pernah tahu ada pasangan yang selama 20 tahun tidur di ranjang yang sama, tapi tak pernah berhubungan seks," kata Weiss kepada laman Good Morning America.

Heather Hawkins dan suaminya, Nathaniel Hawkins, mengaku isu pernikahan tanpa seks merupakan hal yang terus mereka perjuangkan sejak menjadi pasangan suami-istri selama hampir 20 tahun.

"Itu menyakitkan. Terutama karena ketika saya berbicara dengan teman-teman saya tentang hal itu, mereka tidak mengerti."

"Mereka mengeluh tentang betapa suami mereka menginginkan seks, hal itu membuat saya merasa, mungkin ada sesuatu yang salah dengan saya," kata Heather.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X