Jadi Susah Diatur, Ini Sederet Penyebab Rambut Kering

Kompas.com - 09/10/2019, 09:07 WIB
Ilustrasi rambut kering shutterstockIlustrasi rambut kering
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kamu mungkin kurang percaya diri akibat penampilan rambut. Terlebih, jika kamu memiliki rambut kering yang sulit ditata dan diatur.

Apa penyebab rambut kering? Salah satunya adalah penurunan kelembapan. Kondisi ini membuat penurunan kemilau rambut, serta menjadikannya tampak kusam.

Pada rambut yang sehat, minyak alami di lapisan terluar dapat melindungi bagian dalam rambut, serta memantulkan cahaya. Pantulan cahaya ini menjadikan rambut tampak berkilau.

Rambut kering dapat terjadi pada perempuan maupun laki-laki, di segala usia. Hanya saja, kita berisiko mengalami rambut kering seiring pertambahan umur. Apa saja penyebab rambut kering, yang harus diketahui?

Baca juga: Demi Rambut Indah Berkilau, Hindari 5 Kesalahan Berikut

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab rambut kering. Namun, secara garis besar, terdapat tiga penggolongan pemicu rambut menjadi kering. Penggolongan tersebut meliputi faktor lingkungan, faktor cara merawat rambut, dan faktor penyakit.

Penyebab rambut kering: faktor lingkungan

Rambut bisa menjadi kering karena hal-hal di sekeliling kita. Beberapa di antaranya sulit untuk dihindari. Namun, ada sejumlah faktor yang bisa dikendalikan.

Beberapa penyebab rambut kering berupa faktor lingkungan, yakni tinggal di daerah yang terik dan kering, terlalu berlebihan mendapat paparan sinar matahari, serta sering berenang di kolam dengan air yang mengandung klorin.

Penyebab rambut kering: faktor perawatan rambut

Tak hanya faktor eksternal, cara merawat rambut juga dapat menjadi penyebab rambut kering.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X