Seberapa Sering Perlu Eksfoliasi Kulit Wajah dan Tubuh?

Kompas.com - 09/10/2019, 12:51 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Eksfoliasi disebut sebagai salah satu tahap perawatan wajah yang penting dilakukan secara rutin. Namun, seberapa sering kita harus melakukan eksfoliasi kulit wajah dan tubuh?

Sebelumnya, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang disebut eksfoliasi.

Dermatolog tersertifikasi asal New York, Dr. Michelle Henry mengatakan, eksfoliasi adalah tahap perawatan untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang mungkin menyumbat pori-pori wajah. Tahapan ini penting untuk menjaga kulit tetap sehat.

"Tahap ini memungkinkan sel-sel kulit baru tumbuh. Sel-sel baru akan membuat kulit lebih cerah. Eksfoliasi rutin juga mencegah kulit menjadi rentan dari jerawat," kata Henry kepada Seventeen.

Seberapa sering harus mengeksfoliasi wajah?

Ini bergantung pada kebutuhan kulitmu. Menurut Henry, orang-orang dengan kulit normal idealnya mengeksfoliasi kulit setidaknya tiga kali seminggu agar kulit lebih lembut dan bercahaya, tanpa membuatnya teriritasi berlebih.

Jika kamu memiliki kulit rentan jerawat, lakukan eksfoliasi setiap hari untuk memastikan kulit benar-benar bersih.

Baca juga: Amankah Eksfoliasi untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati?

"Lakukan eksfoliasi sebelum membersihkan wajah. Sebab produk pembersih bisa saja tidak mengangkat kotoran di bawah pori-pori kulit secara maksimal, sehingga berujung pada munculnya jerawat," kata Henry.

Untuk memastikan eksfoliasi membersihkan secara maksimal, gunakan sikat pembersih atau scrub.

Seberapa sering harus mengeksfoliasi tubuh?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber seventeen
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X