Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Perlu Eksfoliasi Kulit Wajah dan Tubuh?

Kompas.com - 09/10/2019, 12:51 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber seventeen

KOMPAS.com - Eksfoliasi disebut sebagai salah satu tahap perawatan wajah yang penting dilakukan secara rutin. Namun, seberapa sering kita harus melakukan eksfoliasi kulit wajah dan tubuh?

Sebelumnya, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang disebut eksfoliasi.

Dermatolog tersertifikasi asal New York, Dr. Michelle Henry mengatakan, eksfoliasi adalah tahap perawatan untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang mungkin menyumbat pori-pori wajah. Tahapan ini penting untuk menjaga kulit tetap sehat.

"Tahap ini memungkinkan sel-sel kulit baru tumbuh. Sel-sel baru akan membuat kulit lebih cerah. Eksfoliasi rutin juga mencegah kulit menjadi rentan dari jerawat," kata Henry kepada Seventeen.

Seberapa sering harus mengeksfoliasi wajah?

Ini bergantung pada kebutuhan kulitmu. Menurut Henry, orang-orang dengan kulit normal idealnya mengeksfoliasi kulit setidaknya tiga kali seminggu agar kulit lebih lembut dan bercahaya, tanpa membuatnya teriritasi berlebih.

Jika kamu memiliki kulit rentan jerawat, lakukan eksfoliasi setiap hari untuk memastikan kulit benar-benar bersih.

Baca juga: Amankah Eksfoliasi untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati?

"Lakukan eksfoliasi sebelum membersihkan wajah. Sebab produk pembersih bisa saja tidak mengangkat kotoran di bawah pori-pori kulit secara maksimal, sehingga berujung pada munculnya jerawat," kata Henry.

Untuk memastikan eksfoliasi membersihkan secara maksimal, gunakan sikat pembersih atau scrub.

Seberapa sering harus mengeksfoliasi tubuh?

Seperti wajah, kulit tubuh juga memerlukan eksfoliasi. Henry menyarankan eksfoliasi dilakukan dua atau tiga kali per minggu.

Namun, kamu memerlukan pembersihan ekstra di area-area tubuh tertentu, biasanya area yang sering dilakukan pencukuran.

"Lakukan eksfoliasi pada kaki dan ketiak lebih sering akan memaksimalkan pencukuran, sehingga kulit lebih lembut dan bercahaya," ujarnya.

Meski begitu, kamu tak perlu melakukan eksfoliasi terlalu sering atau terlalu bersemangat. Biarkanlah produk yang digunakan bekerja dengan maksimal.

Bagaimana cara mengetahui bahwa eksfoliasi kita tak berlebihan?

Selalu "dengarkan" kulit kita. Ketika kita over-exfoliated (mengeksfoliasi berlebihan), akan terlihat jelas wajah dan tubuh kita terasa seperti digosok kasar dan tampak merah atau sensitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber seventeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com