Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nike Perbaharui Sepatu Larinya untuk Performa Lebih Tinggi

Kompas.com - 09/10/2019, 15:08 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Pada umumnya, pelari yang akan mengikuti perlombaan akan berusaha menambah kecepatan untuk memperbaiki catatan waktu dari lomba sebelumnya. Karenanya banyak sepatu lari untuk lomba maupun latihan yang difokuskan guna menambah kecepatan pemakainya.

Itulah yang dilakukan brand sepatu, seperti Nike, yang terus menerus memperbaiki desain sepatunya agar memungkinkan pengguna memaksimalkan kemampuan larinya.

Untunglah perbaikan ini dilakukan bukan hanya untuk pelari maraton kelas dunia, namun juga bagi kita-kita yang sekadar menggunakannya untuk berlari santai di akhir pekan.

Adapun sepatu lari yang mendapat sentuhan baru dari nike adalah seri Zoom Family yang dilengkapi bantalan Nike Zoom Air atau Nike ZoomX.

Bila sebelumnya sepatu-sepatu seri ini dihadirkan dalam warna hijau neon yang ngejreng, maka kali ini mereka dipulas warna pink neon.

Baca juga: Nike Zoom, Lebih Cepat Lebih Cerah

Nike Air Zoom Pegasus 36 (kiri) dan Nike Zoom Pegasus Turbo 2Nike Nike Air Zoom Pegasus 36 (kiri) dan Nike Zoom Pegasus Turbo 2
Sepatu Nike Air Zoom Pegasus 36 misalnya, diperbaharui bagian atasnya dengan bahan mesh yang memiliki lubang-lubang tambahan guna meningkatkan breathability di area yang bersuhu panas, seperti bagian depan dan lengkungan kaki.

Sedangkan kabel Flywire yang terbuka pada bagian tengah sepatu dipertahankan untuk membuat kita tetap aman saat menambah kecepatan.

Pada seri terbaru ini, kerah tumit dan lidah dibuat lebih ramping, agar sepatu menjadi lebih nyaman dan pas.

Nike Air Zoom Pegasus 36 mempertahankan unit Zoom Air full-length (diperkenalkan pada Nike Air Zoom Pegasus 35) yang terbungkus oleh busa cushion pada bagian midsole untuk pergerakan yang mulus, responsif, dan empuk.

Sedangkan Nike Zoom Pegasus Turbo 2, dalam tampilan terbarunya ini, diperbarui dengan bagian atas yang lebih ringan dan lebih ramping, menggunakan bahan tembus cahaya dan lofted mesh.

Ikatan pada bagian tengah sepatu latihan ini dibuat agar mengunci kaki dengan alas kaki saat berlari dengan kecepatan yang tinggi.

Nike Zoom Fly 3 (kiri) dan Nike ZoomX Vaporfly NEXT%(Nike)Nike Nike Zoom Fly 3 (kiri) dan Nike ZoomX Vaporfly NEXT%(Nike)
Sementara, Nike Zoom Fly 3 untuk wanita untuk pertama kalinya memiliki sockliner yang sedikit lebih lembut dengan lengkungan yang lebih tinggi.

Versi terbaru Nike Zoom Fly ini memiliki bagian atas yang lebih transparan dengan sistem ikatan pita lengkung baru yang memberikan ukuran lebih pas.

Midsole Nike React dipakai guna memberikan bantalan yang responsif dan membalut plat serat karbon full-length, menghadirkan sensasi responsif.

Offset sepatu dirancang untuk meminimalkan tekanan pada bagian Achilles dan ketinggiannya memberikan perlindungan atas benturan selama berlari. Menurut tes laboratorium, ini adalah salah satu sepatu Nike tercepat dan paling efisien.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com