Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendapatkan Manfaat Sinar Matahari Sebagai Sumber Vitamin D

Kompas.com - 10/10/2019, 10:08 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Vitamin D kerap disebut sebagai “vitamin sinar matahari”. Sebab, sinar matahari merupakan salah satu kunci dalam pemenuhan kebutuhan vitamin D.

Sinar matahari menjadi sumber vitamin D, karena dapat mengubah kolesterol menjadi vitamin tersebut.

Walau sinar matahari begitu berlimpah, masih banyak yang defisiensi atau kekurangan vitamin D, tak terkecuali masyarakat Indonesia.

Padahal, Nusantara terbentang di sepanjang garis katulistiwa, yang membuat negara ini disinari matahari sepanjang tahun.

Walau begitu, terpapar sinar matahari dengan berlebihan, juga tak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memahami, cara mengoptimalkan manfaat sinar matahari, sebagai sumber vitamin D, dengan bijak.

Baca juga: Ternyata, Vitamin D Bisa Membuat Umur Lebih Panjang

Berikut ini cara-cara mendapatkan manfaat sinar matahari, sebagai salah satu sumber vitamin D.

Waktu terbaik

Pagi menjelang siang merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat sinar matahari. Beberapa penelitian akademis telah membuktikan manfaat berjemur dan terpapar sinar matahari di pagi hari, pada responden di Eropa.

Tak hanya menjadi waktu terbaik, pagi menjelang siang juga menjadi waktu yang aman untuk terpapar manfaat sinar matahari. Sebab, paparan sinar matahari saat siang hari, dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Durasi terbaik

Kita tak perlu berlama-lama dalam mendapatkan paparan manfaat sinar matahari pagi. Para ahli merekomendasikan 10-30 menit, sebagai durasi terbaik untuk mengoptimalkan manfaat sinar matahari.

Lakukan aktivitas berjemur di pagi hari ini, 3 kali dalam seminggu. Jika memiliki kulit berwarna gelap, kamu bisa berjemur sedikit lebih lama.

Kenakan celana pendek dan kaos tanpa lengan

Vitamin D diproses dari kolesterol tubuh, berkat bantuan sinar matahari. Dengan demikian, semakin banyak bagian tubuh yang terkena paparan sinar matahari, tentunya akan lebih baik. Sepertiga bagian tubuh merupakan jumlah yang direkomendasikan, oleh para ahli.

Kamu bisa menggunakan kaos tanpa lengan, singlet, atau tank-top, yang dipadu dengan celana pendek, saat berjemur setelah bangun pagi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com