Peran Ayah dalam Keluarga, Bukan Melulu Soal Cari Nafkah

Kompas.com - 10/10/2019, 16:19 WIB
Ilustrasi ayah dan anak shutterstockIlustrasi ayah dan anak
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Potret peran ayah dan ibu dalam keluarga kini tak hanya sebatas pencari nafkah dan pengurus anak dan rumah. Semua paradigma itu semakin bergeser. Bahkan peran ayah sebagai stay-at-home dad juga kian lazim.

Di luar negeri, peran sebagai stay-at-home dads terus bertambah dalam dua dekade terakhir. Sejak tahun 1989, setidaknya 10% ayah menjadi stay-at-home dads alias ayah yang tinggal di rumah dan tidak ngantor.

Salah satunya musisi Adam Levine yang memutuskan menjadi stay-at-home dads setelah meninggalkan The Voice.

Kini, angka itu terus bertambah dan meluas hingga ke penjuru dunia. Satu dekade lalu saja, jumlah stay-at-home dads di seluruh dunia sudah lebih dari 1,75 juta orang.

Baca juga: Bagaimana Seharusnya Ayah Menghabiskan Waktu dengan Anaknya?

Mungkin konsep stay-at-home dads masih dianggap asing, termasuk di tanah air. Stigma yang melekat masih menuntut ayah harusnya bekerja mencari nafkah, sementara ibu berada di rumah mengurus anak sekaligus rumah tangga.

Uniknya, terus meningkatnya peran stay-at-home dads ini menimbulkan perspektif baru. Para ayah yang mengurus anak di rumah mengaku mereka tak punya role model sebagai contoh bagaimana cara mengurus anak yang tepat. Semuanya dilakukan dengan insting dan kasih sayang seorang ayah kepada anak-anak.

Bukan tidak mungkin dalam beberapa waktu ke depan, peran ayah dalam keluarga juga semakin fleksibel. Tidak ada lagi istilah “pekerjaan ayah” maupun “pekerjaan ibu” ketika sudah berurusan dengan mengurus anak.

Baca juga: Pahamilah, Manfaat Ayah Bermain dengan Anak...

Hal terpenting saat membesarkan anak adalah ikatan dan kedekatan antara orangtua dan anak-anak. Jangan sampai stigma yang ada selama ini justru memberi tembok pembatas antara kedekatan ayah dan anak.

Beberapa fakta berikut ini menegaskan pentingnya peran ayah dalam keluarga:

1. Menekan risiko anak berulah

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X