Enam Kesalahan Umum dalam Memasak Telur

Kompas.com - 10/10/2019, 18:25 WIB
Ilustrasi telur mata sapi fermateIlustrasi telur mata sapi

KOMPAS.com - Mengolah telur menjadi makanan sehari-hari mungkin sudah menjadi hal yang umum kita lakukan. Namun, pernahkah berpikir bahwa langkah yang kita lakukan sudah benar atau belum?

Laman Insider menyebutkan, setidaknya ada enam kesalahan umum yang biasa dilakukan orang ketika memasak telur.

Beberapa chef mencoba menjelaskan kesalahan umum tersebut dan bagaimana memasak telur seperti seorang profesional.

1. Tidak menggunakan api kecil

Memasak telur membutuhkan kesabaran. Menurut chef dan planning guru The Party Whisperer, SusanMacTavish Best, seringkali kita menyalakan api terlalu besar karena ingin telurnya cepat matang. Hal ini idealnya tak dilakukan.

Hal senada diungkapkan oleh oleh chef asal New York dan pemilik Prova Pizzabar, Donatella Arpaia.

"Kesalahan terbesar ketika memasak telur adalah menggunakan panas yang terlalu tinggi dan membuatnya jadi terlalu matang. Kunci membuat scrambled egg yang sempurna adalah menggunakan api yang kecil dan rendah," katanya.

Baca juga: Kuning Telur Versus Putih Telur, Manakah yang Lebih Sehat?

Gunakan api paling kecil untuk mencegah telur terbakar, serta agar kematangan yang dicapai sempurna dan konsisten.

Jika kamu ingin scrambled-egg yang teksturnya lebih lembut, executive chef Michael Reich dari JW Marriott Chicago menyarankan untuk mengangkat penggorengan dari kompor dan membiarkan sisa-sisa panas mematangkan telur tersebut.

"Untuk menghindari telur terlalu matang, angkat penggorengan ketika telur masih agak lembut dan basah. Telur akan semakin solid meskipun penggorengan diangkat dari api, karena pematangan terus terjadi," ucapnya.

2. Menambahkan cairan sebelum telur berada di penggorengan

Menambahkan susu atau krim untuk membuat scrambled-egg adalah hal yang umum dilakukan di rumah. Namun, menurut direktur makanan Bon Appétit, Carla Lalli Music, hal itu tak perlu dilakukan.

"Untuk membuat scrambled-egg, pecahkan telur dengan garpu hingga lembut lalu bumbui dengan garam. Masak dengan mentega menggunakan api sedang, aduk secara konstan jika menyukai tekstur yang lebih empuk dan lembut," ucapnya.

Baca juga: Mencuci Telur Sebelum Dimasak Tak Disarankan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X