Apa yang Bisa Dilakukan Saat Anak Tidak Suka dengan Gurunya di Sekolah

Kompas.com - 11/10/2019, 09:29 WIB
Ilustrasi guru dan murid shutterstockIlustrasi guru dan murid
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Akan ada satu waktu di mana anak pulang dari sekolah dan tiba-tiba berkata, "Guru saya galak".

Saat mendengar ucapan seperti itu, umumnya orangtua akan bingung merespons.

Namun, dilansir laman Health Cleveland Clinic, menurut psikolog anak Vanessa Jensen, hal pertama yang mesti dimiliki orangtua adalah kemauan untuk mendengarkan.

"Biarkan mereka bicara. Biarkan anak menceritakan kisah mereka tanpa menghakimi, lalu berikan komentar netral seperti, 'Uh huh' atau 'Hmmm.' Orangtua juga bisa ajukan pertanyaan netral seperti, 'Apa yang terjadi kemudian?'," katanya.

Jensen mengungkapkan, hal yang tidak direkomendasikan untuk dilakukan adalah mengatakan, 'Oh, dia sangat jahat,' atau, 'Bagaimana dia bisa mengatakan itu kepada kamu? Itu tidak pantas.'

Terkadang (seperti orang dewasa) anak-anak hanya perlu merengek dan mengeluh . Dan ketahuilah, orangtua sebaiknya cukup peduli untuk mendengarkan.

Mengapa mendengarkan?

Jensen menyarankan agar orangtua meminta anak mencurahkan pikiran dan perasaan mereka ke dalam kata-kata. Hal ini juga dianggap dapat membantu mereka memecahkan masalah.

Namun, jika masalah terus berlanjut, dapatkan sisi cerita dari guru.

"Kadang-kadang perlu klarifikasi dengan guru, dan bertanya: 'Bapak/ibu guru tahu, Susan pulang ke rumah beberapa hari yang lalu dan dia kesal tentang sesuatu. Saya berharap Anda dapat membantu saya memahami apa yang terjadi, sejauh yang Anda ketahui'," jelas Jensen. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X