Seorang Perempuan Tulis Sendiri Obituari sebelum Kanker Membunuhnya

Kompas.com - 11/10/2019, 11:16 WIB
Ashley Kuzma saat berada di dalam kelas tempatnya mengajar di McDowell Intermediate High School di Millcreek Township, Erie County, Pennsylvania, Amerika Serikat,  4 April 2019. VIA goodmorningamerica.comAshley Kuzma saat berada di dalam kelas tempatnya mengajar di McDowell Intermediate High School di Millcreek Township, Erie County, Pennsylvania, Amerika Serikat, 4 April 2019.

KOMPAS.com - Ashley Kuzma, seorang perempuan di Pennsylvania, Amerika Serikat, menulis sendiri obituarinya sebelum sekarat dan meninggal dunia akibat kanker di usia 32 tahun.

Dalam tulisan itu, wanita berparas cantik tersebut berbagi pesan tentang bagaimana seharusnya orang menjalani kehidupan. 

“Kalian harus berhenti memikirkan masalah-masalah tak penting dalam hidup yang menyebabkan stres."

“Lakukanlah apa yang penting bagi dirimu. Santai dan nikmati hari-hari bersama mereka yang ada di sekitar mu."

Bagitu bunyi tulisan Ashley Kuzma yang bekerja sebagai guru, dalam obituari yang dipublikasikan pekan lalu di the Erie Times.

“Lihat lagi, apa yang paling berharga dalam hidupmu?" tulisnya.  "Sebab, pada akhirnya hanya itulah yang menjadi hal terpenting."

Kuzma meninggal dunia pada 22 September 2019 setelah kanker laring yang dideritanya kambuh.

Perempuan ini pertama kali didiagnosis menderita kanker pada Februari 2017, begitu penjelasan sang ibu, Vicky Kuzma.

Pihak keluarga tak tahu jika Ashley Kuzma sempat menulis obituarinya sendiri, hingga beberapa hari setelah kematiannya,  mereka menemukan dokumen di Google drive-nya.

"Ketika kami menemukannya, kami berpikir, 'apa yang harus kami lakukan? Dia menulis ini. Kami harus menerbitkan ini," kata Vicky Kuzma kepada laman Good Morning America.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X