Apa Benar Obat Peninggi Efektif untuk Meninggikan Badan?

Kompas.com - 11/10/2019, 13:37 WIB
Ilustrasi mengukur tinggi badan shutterstockIlustrasi mengukur tinggi badan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki badan yang tinggi mungkin menjadi impian banyak orang. Tidak hanya pria saja, ada juga wanita yang ingin dikaruniai badan jangkung.

Selain bisa membuat lawan jenis tertarik, memiliki badan tinggi memberikan banyak manfaat. Sebuah studi dari Universitas Edinburgh menemukan bahwa orang tinggi cenderung lebih pintar, lebih rendah kemungkinan terkena penyakit demensia, hingga lebih bahagia.

Tidak heran, banyak produk obat peninggi badan yang dijual di pasaran. Akan tetapi, apakah manfaatnya benar bisa dirasakan oleh konsumennya?

Mungkin kamu pernah mendengar, meminum obat peninggi badan dan dibarengi dengan olahraga, membuat badan akan meninggi dengan sendirinya. Faktanya, penjelasan tentang efektivitas obat peninggi badan tidak sesederhana itu.

Menurut sebuah penelitian, segala macam trik untuk meninggikan badan, termasuk nutrisi dan olahraga, tidak akan berfungsi lagi ketika usia seseorang menginjak 19 tahun untuk pria, dan 16 tahun untuk wanita.

Baca juga: Ini Jenis Olahraga yang Bikin Tinggi, Mitos atau Fakta?

Jika disimpulkan, obat peninggi badan tidak akan efektif jika dikonsumsi oleh mereka yang sudah melewati batas usia tersebut.

Kenapa obat peninggi badan tidak efektif?

Alasan mengapa seseorang tidak bisa meninggikan badan adalah faktor tulang, terutama lempeng epifisis. Bagian tersebut adalah ‘dalang’ yang berperan sebagai penentu tinggi atau tidaknya seseorang.

Peningkatan tinggi terjadi karena adanya pemanjangan tulang panjang, yang berada di dekat area tulang rawan lempeng epifisis. Saat lempeng epifisis masih aktif dan terbuka, pertumbuhannya pun masih berjalan.

Mendekati masa akhir pubertas, perubahan hormon menyebabkan lempeng epifisis mengeras atau ‘menutup’. Perpanjangan tulang pun akhirnya berhenti.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X